Menu

Peluang Usaha Jahe Merah

January 21, 2015 | Bisnis Jahe Merah

Usaha Jahe merahUsaha jahe merah  saat ini mempunyai peluang usaha dan pangsa pasar yang sangat potensial baik di dalam maupun luar negeri. Jahe merah, selain jahe jenis lainnya, telah menjadi ciri khas rempah-rempah masyarakat Indonesia. Hampir setiap rumah tangga memiliki bahan rempah-rempah seperti jahe merah.

Selain berguna sebagai bahan dapur untuk bumbu masakan dan tanaman rumahan, jahe merah juga berfungsi sebagai obat herbal alami, bahan dasar produk kecantikan, dan campuran minuman jamu. Jahe merah kini mulai dilirik sebagai peluang bisnis atau usaha baru. Usaha jahe merah ini dapat dikembangkan menjadi jenis usaha baru baik untuk produk kesehatan, campuran  bahan makanan dan kecantikan.

Di tengah persaingan ekonomi kawasan regional dan global, menjadikan jahe merah sebagai peluang usaha merupakan upaya yang sangat kreatif dan brilian. Banyak cara bagaimana menjadikan jahe merah sebagai ladang usaha baik usaha rumahan maupun usaha industri.

Usaha ini juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat. Para petani, ibu rumah tangga maupun masyarakat umum dapat membudidayakan jahe merah sebagai salah satu komoditas unggulan. Lalu seperti apa menjadikan jahe merah sebagai usaha?

Kiat Usaha Jahe Merah

Selama ini tanaman seperti lengkuas, kencur, temulawak termasuk jahe merah hanya dijual di pasar-pasar tradisional sebagai bahan dapur saja. Kalaupun dijual kepada masyarakat tentu hanya terbatas pada usaha minuman jamu seperti wedang jahe. Untuk memasarkannya secara luas diperlukan suatu gebrakan agar usaha jahe merah tidak lagi hanya sebagai sampingan, namun bisa menjadi produk unggulan dan bernilai jual baik di pasar domestik maupun pasar mancanegara.

Dukungan pemerintah dan pihak swasta dalam mendorong masyarakat membudidayakan jahe merah sangatlah penting. Selain memberdayakan dan memproduktifkan masyarakat, usaha jahe merah juga dapat mengurangi angka pengangguran yang semakin meningkat tiap tahunnya. Tentu Kementrian Pertanian dan Kelautan, satuan dan unit bawahannya berperan besar dalam hal ini.

Ada tiga jenis olahan dari jahe merah yang sekarang muncul yaitu bahan dasar dan produk makanan, bahan dasar kesehatan, dan bahan untuk kecantikan. Jahe merah dapat dijadikan usaha dengan mengolahnya menjadi bahan pangan sehat seperti bahan dasar cemilan kerupuk, minuman jamu sehat, kue berbahan dasar jahe dan usaha kreatif lainnya.

Kiat lainnya adalah mengolah dan mengemas jahe merah sebagai bahan dasar kesehatan untuk obat dalam bentuk tablet, kapsul, dan cairan. Fungsi jahe merah untuk kecantikan dapat dikembangkan dengan mengolahnya menjadi campuran atau bahan kosmetik, perawatan tubuh dan sebagainya.

Memasarkan Produk

Bagaimana cara memasarkan produk-produk yang dihasilkan dari jahe merah? Pangsa pasar mana saja yang cocok untuk produk jahe merah? Pertanyaan ini menjadi menjadi penting ketika kita ingin menjadikannya sebagai sebuah usaha.

Beragam cara dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk jahe merah. Saat ini teknologi informasi mengalami kemajuan yang pesat. Pemanfaatan media internet seperti media online dan blog sangat tepat dalam memasarkan produk jahe merah ke masyarakat. Pasarkanlah produk jahe merah melalui media sosial dan blog dengan tampilan yang atraktif dan berisi informasi yang spesifik bagi konsumen.

Cara lain memasarkan jahe merah adalah melalui sistem jemput bola. Produk usaha jahe merah memang belum akrab di telinga masyarakat baik sebagai bahan kesehatan maupun kecantikan. Oleh karena itu, menerapkan sistem jemput bola dalam memasarkan produk ini merupakan cara ampuh. Pasarkanlah di dalam komunitas atau perkumpulan masyarakat, kenalkan di lingkungan instansi swasta maupun pemerintah, dan jalinlah kerja sama dengan berbagai pihak.

Cara berikutnya adalah mengikuti pameran tanaman atau produk pertanian yang sering diselenggarakan oleh pemerintah maupun kalangan swasta. Melalui pameran, produk-produk jahe merah dapat dikemas dengan tampilan yang menarik dan diolah menjadi beragam produk yang mempunyai nilai jual kepada masyarakat.

Bergabung dan terlibat dalam komunitas penghobi tanaman herbal dan hias maupun pemerhati lingkungan juga tak boleh dilupakan dalam upaya memasarkan produk jahe merah. Dengan bergabungnya kita dalam komunitas tersebut, beragam informasi dan promosi dapat diikuti.

Upaya di atas merupakan cara yang efektif dalam memasarkan produk-produk jahe merah. Usaha jahe merah selain berfungsi sebagai bahan dapur rumah tangga ternyata juga memiliki nilai jual yang potensial. Selamat mencoba usaha jahe merah.

Baca Juga: Pembeli Jahe Merah

Related For Peluang Usaha Jahe Merah