Menu

Perbedaan Jahe Merah, Jahe Gajah Dan Jahe Emprit

July 29, 2015 | Informasi Jahe Merah

Jahe merupakan salah satu tanaman yang dikenal sebagai salah satu jenis rempah di Indonesia. Batang pada jahe bertumbuh menjalar ke bawahtanah serta dari batang tersebut dapat memunculkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya. Oleh karena itu, jahe digolongkan menjadi tanaman rimpang. Tanaman jahe yang juga sering dipakai di negara-negara lain khususnya di Asia ini dikategorikan sebagai salah satu tanaman obat karena fungsinya yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain obat, jahe juga sering dipakai sebagai salah bahan baik pada minuman atau makanan. Jahe sendiri memiliki beberapa jenis yang sering digunakan untuk hal yang berbeda pula.

Perbedaan jahe merah, jahe gajah dan jahe emprit

Jahe Merah 

Jenis pertama dari jahe adalah jahe merah yang sesuai dengan namanya, warna jahe ini berwarna merah. Meski tidak seluruhnya berwarna merah tetapi jahe ini lebih dominan berwarna merah. Ukuran rimpang pada jahe ini kecil dan sesuai dengan warnanya yang merah, daging jahe ini jika dikecap akan berasa pedas. Jahe ini memang merupakan jenis jahe yang paling pedas di antara jenis lainnya.

Jahe Gajah

Perbedaan yang paling mencolok pada jahe ini ada pada ukurannya yang besar sesuai dengan namanya. Meski tidak besar sekali tetapi ukuran jenis jahe ini paling besar dibandingkan dengan jenis jahe lainnya. Ukuran rimpang pada jenis jahe ini lebih gemuk dari jenis lainnya. Jahe berwarna putih kekuningan dan sekilas agak terlihat kecokelatan. Daging jahe ini apabila dicicipi tidaklah pedas seperti jahe merah karena jahe jenis ini memang yang paling tidak pedas. Meski tidak begitu pedas tetapi jahe jenis ini memiliki aroma yang kuat serta sering juga diolah sebagai minuman dan juga makanan seperti permen serta pelengkap untuk masakan sayur.

Jahe Emprit

Jahe jenis ini juga dikenal dengan jahe putih. Warna jahe ini juga putih kekuningan karena itu kadang juga orang menyebutnya jahe kuning. Warnanya memang sekilas terlihat sama dengan jahe gajah hanya berbeda di ukurannya. Jahe jenis ini memiliki ukuran rimpang kecil dan gemuk. Jahe emprit ini yang paling sering digunakan untuk bumbu masakan dan menyedapkan makanan serta dipakai pada jamu. Rasa dari jahe emprit ini pedas namun tidak sepedas jahe merah. Jenis jahe inilah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Minuman seperti wedang jahe pun kebanyakan menggunakan jahe jenis ini.

Lepas dari segala jenis jahe yang ada dan perbedaannya antara satu dengan yang lain, jenis tanaman rimpang ini sangat kaya akan manfaat. Beberapa jenis herbal yang berguna sebagai obat-obatan alternatif sebagian besar mengandung tanaman ini. Jahe pun dapat digunakan sebagai pembasmi hama organik yang dipakai oleh petani di sawah-sawah sehingga lebih aman dibandingkan pembasmi hama dengan bahan kimia. Manfaat jahe lainnya adalah untuk kesehatan seperti mengobati sakit kepala sebelah, menjadi obat batuk, serta dengan kandungan anti oksidannya, jahe dapat menangkal radikal bebas. Selain itu jahe juga sangat berkhasiat untuk meningkatkan stamina tubuh sehingga segala aktivitas dapat dilakukan dengan baik.

Related For Perbedaan Jahe Merah, Jahe Gajah Dan Jahe Emprit