Menu

Pupuk Jahe Merah

July 30, 2015 | Bisnis Jahe Merah

Pupuk jahe merahJahe merah merupakan salah satu jenis jahe yang memiliki warna kemerahan dan memiliki rasa paling pedas dari jenis-jenis lainnya. Jahe merah ini memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat khususnya bagi kehidupan manusia. Meski telah diketahui sejak dulu tentang kekayaan manfaatnya, kini jenis jahe ini kian populer. Beberapa herbal bahkan menggunakan ekstrak jahe merah sebagai bahan utamanya. Kekayaan manfaat dari jahe merah yang secara khusus berguna untuk kesehatan inilah yang mendorong beberapa masyarakat menanam langsung jahe merah sendiri. Beberapa area TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang sebagian besar terdapat di tingkatan RW (Rukun Warga) ini pun tidak absen untuk menyertakan jahe merah ke dalam koleksi tanaman mereka.

Dalam menanam jahe merah ini beberapa persiapan perlu dilakukan. Persiapan awal tersebut antara lain menyiapkan media yang digunakan untuk menanam jahe merah. Jika ingin ditanam di rumah sendiri maka jahe merah dapat ditaruh di kardus-kardus bekas maupun polybag yang dapat dibeli. Jika memiliki lahan sendiri, jahe merah dapat ditanam di area lahan yang dipersiapkan khusus. Setelah itu, bibit unggul dari jahe merah yang akan ditanam harus dicari. Ciri utamanya adalah bibit yang berumur tua serta memiliki kondisi yang sehat dan bebas dari sakit.

Saat menanam yang pertama kali harus siap adalah medianya. Media untuk jahe merah pada umumnya berisi tanah, pasir, dan pupuk dengan ukuran yang sama seluruhnya. Pupuk yang digunakan pada jahe merah juga harus dipilih jenis pupuk yang terbaik. Beberapa jenis pupuk yang biasanya tersedia adalah jenis pupuk alami dan pupuk buatan. Pupuk yang paling baik digunakan untuk menanam jahe merah adalah jenis pupuk organik.

Beberapa pupuk organik yang baik digunakan untuk jahe merah adalah pupuk hijau, pupuk kompos, dan pupuk kandang. Pupuk hijau adalah jenis pupuk yang didapatkan dari bagian-bagian dari tanaman seperti daun-daunnya dan batangnya yang diperoleh pada usia muda. Pupuk hijau ini sangat pas digunakan untuk menanam jahe merah. Pupuk organik lainnya adalah pupuk kompos yang berasal dari pembusukkan rerumputan dan jerami serta daun-daun. Proses kompos merupakan proses menguraikan segala jenis bahan tadi sehingga dapat berguna untuk kesuburan tanah. Selanjutnya adalah pupuk kandang yang terbuat dari kotoran hewan-hewan ternak. Pupuk ini didapatkan dari sisa-sisa pembuangan sistem ekskresi hewan ternak tersebut khususnya feses dan air seninya. Kandungan dari kotoran hewan yang dijadikan pupuk ini akan sangat baik untuk menyuburkan tanah.

Setelah menentukan pupuk yang tepat maka jahe merah akan siap untuk ditanam. Untuk memastikan keunggulan bibit jahe merah, beberapa orang juga merendam bibit jahe merah ke dalam cairan untuk mematikan segala jenis penyakit apabila ada. Kemudian, bibit unggul jahe merah tersebut telah siap untuk masuk ke proses penyemaian. Pada proses ini, bibit jahe merah perlu diletakkan di tempat yang lembap dan selalu dijaga kondisinya agar tidak kering. Setelah 14 hari biasanya tunas baru akan muncul sehingga siap untuk diletakkan pada media yang telah disiapkan sebelumnya. Pupuk organik pada media yang disiapkan ini akan sangat berguna untuk pertumbuhan jahe merah sehingga subur dan berhasil. 

Related For Pupuk Jahe Merah