Menu

Sukses dengan Menanam Jahe Merah

January 9, 2015 | Budidaya Jahe Merah

jahe merahJahe merah, siapa yang tidak mengenalnya? Salah satu jenis dari bumbu dapur ini sangat digemari oleh sebagian orang. Sering kita menggunakan jahe untk membuat minuman atau campuran pada masakan karena mampu menghangatkan tubuh. Di Indonesia terdapat minuman khas yang menjadikan jahe sebagai bahan dasar utamanya, seperti wedang ronde, bajigur, dan juga sekoteng. Mungkin anda berfikir bahwa jahe merupakan bahan atau bumbu masak yang sangat sepele, namun setelah ditilik lebih mendalam, ternyata jahe itu sendiri memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Tidak heran apabila banyak ahli-ahli pengobatan herbal yang menggunakan jahe sebagai salah satu bahan ramuan. Tidak hanya itu, dengan tekhnologi yang canggih, saat ini anda bisa menemukan berbagai macam obat batuk atau minuman kemasan yang menggunakan jahe sebagai bahan pelengkapnya. Oleh sebab itu, tidak heran apabila banyak orang ingin mendulang sukses dengan menanam jahe.

Faktor yang Mendukung Kesuksesan Jahe Merah

Menurut Orghanics.com, terdapat beberapa faktor yang yang mampu mendukukung kesuksesan dari tanaman jahe itu sendiri. Faktor pertama, kebutuhan pasar pada tanaman ini sangat tinggi. Tidak hanya di Indonesia saja, namun jahe juga sangat digemari oleh penduduk luar negeri karena khasiatnya yang menyehatkan. Selain itu, tanaman ini mampu tumbuh di tempat yang tidak terlalu sulit. Bagi anda yang memiliki lahan berukuran luas, anda bisa meraih sukses anda dengan melirik bisnis jahe tersebut. Apabila anda tidak memiliki lahan yang luas, jahe dapat ditanam di dalam karung atau polybag. Dengan cara seperti ini, anda bisa memasarkan jahe organik yang bebas dari bahan-bahan kimia.

Harga Jual Jahe 

Ketika anda tertarik untuk mendulang sukses dari berbisnis salah satu bumbu dapur ini, maka anda harus mengerti harga jual jahe di pasaran selama ini. Sebagai informasi, harga jual jahe di pasaran saat ini sedang tidak tinggi, berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Namun, hal ini bukan berarti bahwa jahe sudah kehilangan nilai ekonomisnya. Jahe tetap digemari dan dibutuhkan oleh beberapa pihak, sehingga pasokan jahe memang harus mencukupi kebutuhan pasar. Apabila anda mengalami penurunan ketika menjual jahe dalam keadaan mentah, ada beberapa inovasi yang dapat anda lakukan untuk menambah harga jual dari jahe tersebut, yaitu anda bisa mengolah jahe tersebut menjadi berbentuk powder atau bubuk. Ketika pembeli ingin menikmatinya sebagai minuman, mereka hanya perlu untuk menyeduh bubuk jahe tersebut. Akan sangat mudah meraih kesuksesan dengan menanam jahe merah karena modal yang dibutuhkan sangat sederhana dan tidak memakan biaya yang tinggi. Dari informasi yang telah dijelaskan dalam artikel ini, anda yang tertarik untuk berbisnis jahe merah akan lebih baik dilakukan secepat mungkin karena kebutuhan pasar akan tanaman ini sangat tinggi dan tentunya menguntungkan bagi anda.

Baca Juga: Bibit Jahe Merah

Related For Sukses dengan Menanam Jahe Merah