Menu

Tentang Kami

kebun jahe merah.Selamat datang di situs kami, Nama saya Ipan Faelani yang merupakan salah satu penikmat jahe merah, melalui website ini kami hanya ingin sekedar berbagi informasi umum seputar tanaman akar khususnya jahe dan jahe merah. Informasi ini di gali dari berbagai sumber terpercaya, baik itu dari petani jahe merah di lapangan, ataupun dari internet, semuanya kami rangkum di situs www.manfaatjahemerah.com ini.

Selain itu juga kami hanya ingin sekedar membantu para petani jahe khususnya jahe merah untuk memasarkan hasil panen jahe merah mereka. Karena seperti yang kita ketahui semua bahwa masih banyak para petani yang memang masih kesulitan untuk menjual atau memasarkan hasil panennya. Untuk itu bagi petani yang ingin menjual jahenya silahkan tulis di kolom komen aja, bila perlu nanti kami sediakan ruang khusus untuk para petani untuk memasarkan jahenya di website ini.

Dan berbicara mengenai jahe merah tentu banyak yang dapat dikupas. Tanaman rimpang yang kerap dijadikan sebagai ramuan tradisional dan olahan makanan ini memiliki nama latin Zingiber officinale linn var rubrum rhizoma. Termasuk dalam kingdom Plantae, masuk dalam family Zingiberaceae, dan genus Zingiber. Indonesia sendiri termasuk negara yang mudah untuk ditumbuhi oleh jahe merah. Mengenali jahe merah sangat mudah. Ketika Anda melihat rimpang berbentuk seperti jemari beruas di tengah dan berwarna kemerahan, itulah jahe merah. Seperti jahe putih, jahe merah memiliki rasa pedas jahe sebagai rasa khas dari tanaman rimpang ini.

Jahe merah sendiri menyimpan beberapa senyawa kimia. Hal itu dikarenakan terdapat senyawa Zingeron. Selain itu di dalam jahe merah juga terdapat senyawa kimia yang lain. Meliputi senyawa gingerol, volatile oil, nonvolatile oil, pati, minyak atsiri, serta oleoresin. Minyak atsiri adalah senyawa kimia dalam jahe merah yang membuat tanaman rimpang ini memiliki aroma yang khas. Kemudian untuk senyawa oleoresin adalah senyawa yang membuat rasa jahe merah pedas dan juga pahit. Ketika jahe merah di panen saat waktu yang tepat, maka kandungan senyawa minyak atsiri akan banyak. Sehingga aroma khas dari jahe merah akan menyengat. Berbeda ketika memanen jahe merah ketika masih memiliki usia tanam sangat muda, maa kandungan dari minyak atsiri tentu masih sangat sedikit.

Ada banyak manfaat dalam jahe merah. Mulai dari meredakan nyeri akibat penyakit asam urat. Mampu menjaga ketahanan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Membuat tubuh menjadi hangat sehingga dapat mencegah tubuh masuk angin. Jahe merah juga dapat menjadi obat alami untuk membuat awet muda. Selain itu, bagi siapapun yang mengalami masalah kulit, jahe merah dapat menutrisi sel kulit. Sehingga dapat terjadi regenerasi sel kulit baru. Obat pusing yang ampuh pun juga ada dalam manfaat jahe merah. Jadi, jahe merah adalah tanaman rimpang yang tidak boleh dilupakan begitu saja di antara tanaman rimpang yang lain.