Menu

Wow, Ternyata Akar Cabe Kaya Akan Manfaat

October 23, 2016 | Akar Akaran

Hampir kebanyakan orang menyukai cabe. Bahkan ada orang yang tidak bisa makan kalau tidak ada sambal. Cabe yang kita tahu memiliki rasa yang pedas dan menjadi bahan dasar pembuatan sambal ternyata mempunyai berbagai macam jenis.

manfaat-akar-cabe-untuk-kesehatan

Macam-macam jenis cabe yang sering dibudidayakan yaitu cabe merah, cabe keriting, cabe rawit, cabe Jawa, cabe hijau, cabe besar, cabe hibrida, cabe jepang, cabe jalapeno, cabe cherry, cabe gendot karena bentuknya yang bulat dan gendut. Untuk cabe rawit ternyata mempunyai beberapa jenis lagi yaitu cabe rawit domba, cabe jumprit, cabr putih, cabe bird pepper, cabe ceplik dan cabe khatur.

Ternyata, dari sekian banyak jenis cabe ada yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai obat dan juga cabe mempunyai kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Baik akar cabe, batang, daun dan buahnya, semuanya bisa dijadikan sebagai obat herbal. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Baca juga: Manfaat akar bunga matahari

Membantu Membersihkan Rahim Sehabis Melahirkan

Jenis cabe yang dapat digunakan untuk membersihkan rahim setelah melahirkan yaitu cabe Jawa terutama akarnya. Selain membantu membersihkan rahim, akar cabe Jawa juga dapat membantu seseorang yang susah hamil karena rahimnya dingin. Cara membuat ramuannya yaitu sebanyak 3 gram akar cabe Jawa dikeringkan lalu dihaluskan. Setelah dihaluskan, seduh serbuk akar cabe Jawa dengan air panas dan minum ketika hangat.

Mencegah Kanker Prostat

Kandungan senyawa capsaicin  pada cabe dapat membunuh sel-sel kanker prostat dan menghentikan penyebaran sel kanker tersebut. Selain itu juga, dapat membantu mengatasi ketidaksuburan dan merangsang pertumbuhan hormon pada laki-laki.

Membantu Menambah Nafsu Makan

Jenis cabe yang bisa membantu menambah nafsu makan adalah cabe rawit. Bagi anda yang ingin nafsu makannya bertambah. Caranya, ambillah cabe rawit secukupnya lalu direbus dan digiling untuk dijadikan sambal.

Mengobati Rematik

Cabe rawit juga dapat membantu mengatasi penyakit rematik. Caranya yaitu dengan menghaluskan 10 cabe rawit kemudian ditambah dengan perasan air jeruk nipis dan ½ sendok kapur sirih lalu dicampur dan diaduk sampai rata. Oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang rematik.

Mengobati Frosbite

Frosbite atau radang dingin dapat disembuhkan dengan cabe rawit. Cara menjadikan cabe rawit sebagai obat frostbite yaitu dengan membuang bijinya kemudian dihaluskan dan oleskan pada tempat yang mengalami frosbite .

Obat Awet Muda

Cabe mengandung zat antioksidan yaitu vitamin C yang  tinggi dan beta karoten yang dapat memperlambat penuaan. Jadi, bagi anda yang ingin awet muda, tambahkanlah sambal ke dalam menu makanan anda.

Mengobati Bisul

Bagian cabe yang dapat dijadikan obat untuk bisul yaitu daun. Cara pengobatannya yaitu ambil beberapa helai daun cabe kemudian oleskan minyak sayur pada cabe tersebut lalu dibakar di atas api kecil sampai layu. Setelah itu, tempelkan daun cabe yang masih hangat pada bagian yang bisul.

Mengobati Sakit Perut

Banyak orang yang mengatakan kalau kebanyakan makan cabe bisa membuat perut sakit. Nah, ternyata pada bagian tumbuhan cabe yaitu daun cabe yang masih muda bisa dijadikan sebagai obat sakit perut. Cara penggunaannya yaitu dengan cara melumurkan daun cabe yang sudah dihaluskan dan dicampur sedikit kapur sirih ke perut yang sakit

Mengurangi Resiko Diabetes

Rasa pedas cabe dapat membantu mengurangi resiko diabetes karena cabe mengandung beberapa senyawa kimia yang mampu mengurangi kolestrol. Senyawa capsaicin bersifat anti diabetes dan analgesik yang bisa mengurangi kadar HDL.

Nah di atas adalah berbagai manfaat dari akar cabe serta bagian cabe yang lainnya. semoga bermanfaat

Related For Wow, Ternyata Akar Cabe Kaya Akan Manfaat