Menu

Inilah 10 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan

November 12, 2017 | Buah Buahan

Buah cermai merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Buah cermai dikenal memiliki banyak kandungan bernutrisi yang baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan Anda. Nah, penasaran, kira-kira apa saja manfaat buah cermai untuk kesehatan tersebut? Ok, langsung saja silahkan disimak.

Beragam Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Konstipasi (Sembelit)

Buah cermai memiliki kandungan serat dengan kadar yang cukup tinggi. Serat yang terkandung dalam buah cermai kebanyakan merupakan jenis serat larut air yang memiliki daya dorong yang kuat, sehingga diyakini ampuh dalam melancarkan BAB.

Di wilayah Sumatera, buah cermai yang masih muda biasa dikonsumsi untuk mengatasi konstipasi atau sembelit. Namun, hindari mengonsumi cermai muda terlalu banyak. Sebab, sifat masamnya dapat menyebabkan masalah pada lambung dan juga usus.

  1. Mengatasi Diare

Buah cermai dikenal sebagai buah yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Hal ini sesuai dengan penjelasan dalam suatu jurnal penelitian yang bertajuk “Phytochemistry, traditional uses and cancer chemopreventive activity of Amla”.

Selain untuk mengatasi konstipasi atau sembelit, buah cermai juga sangat baik untuk mengatasi diare. Kandungan serat dalam buah cermai terdiri dari serat larut dan serat tak larut. Dengan adanya kandungan beberapa enzim, buah cermai dapat membantu mengatasi diare dengan cara memadatkan kembali BAB yang terlalu cair dengan memanfaatkan serat tak larut.

Di samping itu, buah cermai juga memiliki sifat astringent. Artinya buah ini dapat membantu mengatasi rasa mulas dan panas pada perut saat Anda terserang diare. Oleh karena itu, buah cermai dapat dijadikan obat alami untuk menanggulangi diare.

  1. Mencerna Protein

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya bahwa dalam buah cermai terkandung enzim yang baik untuk meningkatkan proses pencernaan. Salah satu peran pentingnya adalah sebagai zat yang mencerna protein. Protein yang dicerna dengan baikakan diserap oleh liver untuk selanjutnya berubah menjadi asam amino yang diperlukan tubuh.

Protein yang tercerna dengan baik akan membantu mencegah penumpukan cadangan lemak yang menutupi otot. Protein juga penting untuk proses regenerasi sel dan meningkatkan fungsi otak serta penting untuk metabolism tubuh.

  1. Menyerap Mineral Kalsium

Dengan mengonsumsi buah cermai, maka daya serap tubuh terhadap mineral kalsium dapat lebih maksimal. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vitamin C yang terkandung dalam cermai serta adanya sejulah enzim yang turut berperan dalam penyerapan kalsium.

Buah cermai juga memiliki kandungan kalsium. Kalsium dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Untuk itu, buah cermai sangat baik untuk dikonsumsi.

  1. Baik untuk Penderita Diabetes

Buah cermai mengandung kromium, yaitu suatu senyawa mineral yang mempunyai peran dalam proses penyerapan glukosa dan juga meningkatkan sensitivitas sel terhadap sinyal insulin. Di India, buah cermai sudah dijadikan menu diet bagi penderita diabetes sebagai pilihan pengobatan tradisional.

  1. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Kromium yang etrkandung dalam buah cermai teryata juga bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah serta menjaga agar sirkulasi darah tetap lancar. Zat ini sangat baik untuk mencegah penimbunan kolesterol dalam darah sehingga baik pula untuk mencegah arterosklerosis dan gangguan kesehatan lainnya.

Hal ini karena kromium berperan meningkatkan efek beta blocker yang bekerja mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Di samping itu, sebuah riset juga menyatakan bahwa buah yang jga disebut buah amla ini mampu memperkuat otot jantung.

  1. Sebagai Diuretik

Buah cermai ternyata juga bermanfaat sebagai elemen diuretic, yaitu elemen yang mendorong tubuh untuk menarik lebih banyak cairan agar memproduksi air seni yang lebih banyak. Efek diuretic sangat baik untuk melancarkan buang air kecil dan membantu membersihkan ginjal.

Diuretik merupakan terapi alami yang baik untuk kesehatan ginjal. Di samping itu juga baik untuk membantu mmpercepat pembuangan racun, garam, asam urat, serta bakteri jahat pada organ hati dan ginjal. Kesimpulannya, mengkonsumsi buah cermain sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

  1. Untuk Merawat Rambut

Sejumlah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di India membuktikan bahwa buah cermai dapat dimanfaatan sebagai tanaman yang berfungsi untuk merawat rambut. Buah ini juga telah diolah secara modern untuk tonik rambut.

Sari minyak buah cermai dimanfaatkan sebagai pengobatan untuk mengatasi rambut rontok dan masalah kerusakan rambut lainnya. Buah cermai dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga turut melancarkan sirkulasi darah menuju kepala sehingga kebutuhan nutrisi pada akar rambut terpenuhi.

  1. Mengatasi Infeksi

Buah cermai mengandung vitamin C dengan kadar tinggi yang mampu bekerja melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh dan juga mampu merangsang fungsi imunitas. Sifat astringet yang dimiliki oleh buah ini mampu meredakan efek inflamasi. Di samping itu, buah cermai juga mengandung tannin yang berdampak baik terhadap kelenjar tiroid dan merangsang tubuh agar lebih peka terhadap serangan infeksi.

  1. Untuk Program Diet

Menurut penelitian, kadar kalori dalam 100 gram buah cermai yaitu sebanyak 44 kalori. Kadar serat yang tinggi dalam buah ini sangat cocok dikonsumsi jika Anda sedang menjalankan program diet. Buah ini juga mampu merangsang pembakaran lemak dan meningkatkan daya serap sel terhadap glukosa darah. Sehingga menjadikan buah ini baik untuk diet.

Baca juga: Manfaat dan Penggunaan Buah Delima untuk Program Hamil

Itulah diatas 10 manfaat buah cermai untuk kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui. Buah kaya manfaat ini memang baik untuk dikonsumsi, akan tetapi bagi Anda yang memiliki penyakit maag harus bijak dalam mengkonsumsinya, sebab berisiko menaikkan asam lambung. Semoga bermanfaat.

Related For Inilah 10 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan