Menu

Inilah 10 Buah yang Baik untuk Penambah Darah

November 1, 2017 | Buah Buahan

Pernahkan anda mengalami gejala lesu, lemah dan mudah letih ketika beraktivitas? Mungkin Anda sedang mengalami gejala anemia atau penyakit kekurangan darah. Penyakit anemia disebabkan karena kurangnya jumlah asupan zat besi yang digunakan untuk memproduksi sel darah merah. Perlu diketahui, jumlah asupan zat besi yang dibutuhkan pada orang dewasa sekitar 18 miligram sedangkan pada anak-anak sekitar 10 miligram.

Biasanya, tak sedikit orang mencukupi kebutuhan zat besi dengan mengkonsumsi suplemen penambah darah yang dinilai lebih praktis dan efektif. Namun, faktanya terlalu sering mengkonsumsi suplemen zat besi dapat bepengaruh pada kesehatan tubuh. Kandungan bahan kimia yang terdapat pada suplemen penambah darah dinilai kurang aman dan beresiko memunculkan kerusakan pada organ tubuh, khususnya ginjal.

Untuk itu, cara aman yang idealnya dilakukan guna memenuhi asupan zat besi dalam tubuh adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi alami. Selain zat besi, penderita anemia juga disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung  zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, asam folat dan tembaga.

10 Buah yang Baik untuk Penambah Darah

Kandungan nutrisi pada buah dan sayur sangat aman bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Lantas kira-kira buah-buahan apa saja yang baik untuk penambah darah? Berikut ulasannya.

  1. Tomat

Umumnya tomat dikenal sebagai buah yang memiliki vitamin A dan C yang tinggi. Namun siapa sangka buah yang sering dipakai untuk sayuran ini mampu menyediakan asupan zat besi sebesar 9,1 gram dalam 100 gram buah tomat. Untuk mendapatkan zat besi dalam buah tomat, kita bisa mengolahnya menjadi manisan atau dimakan langsung.

  1. Apel

Apel sangat direkomendasikan bagi penderita anemia. Konsumsi apel secara rutin dapat memenuhi asupan vitamin dan mineral tubuh. Kandungan mineral yang dalam apel seperti zat besi, asam folat, fosfor, magnesium, kalium, natrium, seng dan kalsium berguna bagi pembentukan sel darah merah. Kandungan vitamin A, B kompleks dan C juga membantu dalam penyerapan za besi dan memperbaruhi sel darah merah.

  1. Jambu biji

Jenis jambu biji yang memiliki daging buah berwarna merah banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan keping darah. Namun, kandungan vitamin C, B1 dan zat besi yang terdapat di dalam jambu biji sangat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Sehingga, jambu biji dapat pula dikonsumsi sebagai penambah sel darah merah sekaligus keping darah.

  1. Buah naga

Buah naga dikenal sebagai buah yang dapat menangkal serangan radikal bebas ini mempunyai manfaat lain sebagai penambah sel darah merah. Jenis buah naga yang memiliki khasiat paling banyak adalah jenis buah naga yang mempunyai daging buah berwarna merah pekat. Buah naga mengandung zat besi, fosfat, kalsium, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B12 dan vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi. kandungan inilah yang diperlukan untuk mengurangi resiko anemia.

  1. Kesemek

Kesemek memiliki bentuk seperti apel yang mempunyai kulit luar berwarna orange dan ditutupi oleh serbuk berwarna putih. Daging buah memiliki tekstrur renyah dan padat. Kandungan fruktosa dan glukosa yang tinggi dalam daging buah membuat rasa kesemek sangat manis. Manfaat kesemek sebagai penambah darah diperoleh dari kandungan vitamin A, C, kalium dan zat besi. Mengkonsumsi 100 gram buah kesemek dapat menyediakan asupan zat besi bagi tubuh sebesar 2,5 miligram.

  1. Anggur

Tanaman perdu merambat ini memiliki kandungan mineral, vitamin dan zat antioksidan yang tinggi. Kandungan mineral dan vitamin yang berperan dalam proses pembentukan dan revitalisasi sel darah merah dalam tubuh adalah zat besi dan vitamin C. Dalam 100 gram anggur terdapat 0,36 miligram zat besi, 10,8 miligram vitamin C.

  1. Kurma

Buah khas timur tengah ini sudah dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat. Kurma memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga buah ini sangat baik untuk dikonsumsi ketika tubuh kekurangan asupan gula, misalnya setelah seharian berpuasa. Kurma mempunyai kandungan lemak yang rendah dan tidak mengandung kolesterol, namun memiliki nutrisi dan zat besi yang tinggi. Terdapat 3 miligram zat besi dalam 100 gram kurma. Kurma juga disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai asupan energi.

  1. Stroberi

Buah yang banyak dibudidayakan di dataran tinggi ini lebih dikenal sebagai buah yang bermanfaat sebagai antioksidan. Selain kandungan zat antosianin (zat anatioksidan), stroberi memiliki kandungan mineral seperti zat besi, mangan dan kalsium yang membantu meningkatkan umlah sel darah merah dalam tubuh. Vitamin A, B kompleks, E dan K merupakan kandungan lain yang dimiliki oleh stroberi yang bermanfaat bagi kesehatan sirkulasi darah.

  1. Jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam proses penambahan sel darah merah dalam tubuh, kandungan vitamin C dalam jeruk membantu penyerapan zat besi dalam darah. Mengkonsumsi jeruk dan makanan berzat besi tinggi lainnya akan membantu Anda terhindar dari anemia.

  1. Delima

Buah yang memiliki nama latin punica granatum ini merupakan buah yang memiliki khasiat untuk menangkal serangan radikal bebas. Kandungan 0,3 miligram zat besi dalam 100 gram buah delima dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Kandungan vitamin C, K dan asam folat juga berperan dalam mengurangi gejala anemia.

Baca juga: 

Nah itulah diatas beragam buah yang baik untuk penambah sel darah merah. Jika saat ini Anda masih sering mengkonsumsi suplemen penambah darah, sebaiknya mulai sekarang ganti kebiasaan tersebut dengan mengkonsumsi aneka buah diatas.

Related For Inilah 10 Buah yang Baik untuk Penambah Darah