Menu

Inilah 10 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

November 13, 2017 | Buah Buahan

Sudah menjadi rahasia umum jika buah matoa memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Buah yang memiliki nama ilmiah Pometia pinnata ini memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, mulai dari vitamin E, vitamin C, kalsium, dan masih banyak lagi. Lantas, kira-kira apa saja manfaat buah matoa ini untuk kesehatan? Berikut kami bagikan ulasan lengkapnya.

Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan Manusia

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Salah satu manfaat buah matoa untuk kesehatan tubuh adalah sebagai anti oksidan. Anti oksidan berperan penting untu menangkal radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Mengkonsumsi buah matoa yang mengandung anti oksidan tentunya baik untuk kesehatan kulit dan mencegah terkena penyakit kanker.

  1. Melancarkan Pencernaan

Buah matoa memiliki kandungan serat yang terbilang tinggi sehingga sanat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan Anda. Serat yang terkandung dalam buah ini juga baik untuk organ pencernaan karena mampu membersihkan organ dari kotoran. Sehingga, organ pencernaan Anda menjadi lebih sehat.

  1. Sebagai Sumber Tenaga

Buah matoa mengandung glukosa yang dapat menjad sumber tenaga alami dan juga menyehatkan. Jika Anda termasuk orang yang cepat merasa lelah saat menjalani aktifitas sehari-hari, mengonsumsi buah matoa bisa menjadi solusi yang tepat.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini seolah menjadi momok menakutkan terutama bagi kaum hawa karena akan membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Kandungan anti oksidan dalam buah matoa dapat melindungi kulit dari serangan radikal bebas yang berasal dari polusi udara dan lingkungan yang kurang sehat.

Dengan mengonsumsi buah matoa, kulit Anda akan terhindar dari proses penuaan dini, sehingga dapat membuat Anda selalu tampil segar dan mempesona dan membuat Anda semakin percaya diri.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang lemah akan menyebabkan tubuh Anda menjadi mudah terserang penyakit. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, salah satu solusi yang tepat adalah dengan mengonsumsi buah matoa. Kandungan vitamin C dalam buah matoa sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Denagn begitu, tubuh Anda tidak akan mudah terjangkit penyakit.

  1. Mencegah Stres

Tahukan Anda bahwa mengonsumsi buah matoa ternyata juga dapat membantu mengurangi stress? Buah matoa diyakini mengandung zat yang berperan sebagai obat penenang alami. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin E. menurut sebuah penelitian, vitamin E juga dapat membantu mengatasi stress. Mengonsumsi buah matoa secara rutin dapat mencegah Anda mengalami stress berkepanjangan.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain untuk mencegah datangnya stress, vitamin E juga berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan halus, sebaiknya Anda menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi kulit, misalnya dengan mengonsumsi buah matoa secara rutin.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Buah matoa dipercaya mampu membantu Anda untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi. Jika Anda memiliki gejala hipertensi, Anda dapat menjadikan buah matoa sebagai camilan sehat. Dengan begitu, tekanan darah Anda akan lebih terkontrol dan stabil.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Salah satu manfaat buah matoa untuk kesehatan yaitu dapat menjaga kesehatan ginjal. Ginjal yang sehat akan berfungsi dengan baik. Jika kondisi ginjal sehat, maka organ tubuh lainnya juga akan sehat.

  1. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah matoa juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung. Untuk itu, ada baiknya Anda mengonsumsi buah matoa secara rutin. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit jantung yang merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

Baca juga: Inilah 10 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan

Ciri-Ciri Morfologi Tanaman Matoa 

Nah, buat Anda yang belum familiar dengan buah ini, berikut kami bagikan informasi terkait ciri khusus atau morfologi tanaman matoa, mulai dari akar, batang, daun, bunga, serta buahnya. Silahkan disimak.

  • Morfologi Akar dan Batang Matoa

Pohon matoa merupakan pohon berkayu yang dapat tumbuh hingga mencapai 50 meter. Sedangkan akar papan tingginya mampu mencapai 5 meter. Jenis akar pada tanaman matoa adalah akar tunggang.

Sementara itu, batang tanaman matoa berbentuk silinder yang berdiri tegak serta memiliki percabangan simpodial. Percabangan batang matoa mengarah miring hingga mendatar serta memiliki banyak cabang yang menjadikan pohon ini terbilang rindang.

  • Morfologi Daun Matoa

Daun matoa adalah jenis daun majemuk yang susunannya selang-seling antara 4 hingga 12 pasang anak daun. Daun yang masih muda berwarna merah yang akan berubah menjadi hijau setelah dewasa. daun matoa berbentuk jorong dengan ukuran panjang 30 – 40 cm dan lebarnya 8 – 15 cm.

Tekstur daun matoa tebal dan kaku dengan ujung yang berbentuk runcing. Tepi daun rata tanpa gerigi, sedangkan permukaan daun halus baik di bagain atas maupun bagian bawahnya.

  • Morfologi Bunga Matoa

Bunga pada tanaman matoa merupakan bunga majemuk yang muncul di bagian ujung tangkai daun. Mahkota pada bunga matoa agak berbulu di bagian luar. Sementara itu, kelopak bunga matoa terlihat agak menyatu.

  • Morfologi Buah Matoa

Bentuk buah matoa membulat dan agak lonjong. Sedangkan ukurannya kurang lebih panjang 1.5 sampai 5 cm dengan diater antara 1 hingga 3 cm. Kulit buah matoa berwarna hijau kekuningan saat masih muda. Buah matoa yang sudah matang ditandai dengan perubahan warna pada kuit luarnya menjadi merah keunguan. Warna buah matoa sendiri adalah putih agak kekuningan dengan tekstur mirip seperi buah rambutan.

Itulah informasi lengkap tentang manfaat buah matoa untuk kesehatan serta morofologi tanaman matoa secara keseluruhan. Manfaatkan khasiat buah matoa tersebut untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh Anda. Namun, hindari konsumsi berlebihan ya! Karena segala sesuatu yang berlebihan tentunya sangat tidak baik.

Related For Inilah 10 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan