Menu

10 Manfaat Buah Anggur Merah, Hitam dan Hijau Untuk Kesehatan

November 4, 2017 | Buah Buahan

Setelah sebelumnya kita membahas beragam efek samping jangka panjang dan jangka pendek yang timbulkan jika teralalu berlebihan mengkonsumsi buah anggur, saatnya sekarang kita membahas tentang beragam manfaatnya untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel di bawah ini sampai habis.

Sebagian besar masyarakat tidak mengetahui bahwa buah anggur memiliki tiga variant berbeda. Yakni anggur merah, anggur hijau dan satunya anggur hitam. Dan tentunya ada yang menjadi pembeda dari ketiga jenis tersebut. Bukan hanya dari warna atau tampilan luarnya, manfaat dari ketiganya pun sedikit berbeda. Bisa dibilang, masing-masing jenis anggur mempunyai keunggulannya sendiri-sendiri.
Jika dilihat dari sisi harga, ketiga jenis anggur diatas juga berbeda. Untuk anggur merah dan hitam mungkin harganya kurang lebih saja, tetapi untuk jenis anggur hijau, biasanya jauh lebih murah harganya. Dan jika kita lihat di supermarket-supermarket, anggur hijau selalu tersedia, berbeda dengan anggur merah dan anggur anggur hitam. Selain tumbuhnya lumayan susah, kedua jenis ini termasuk buah musiman, jadi ada kalanya tidak ada stock dipasaran. Jadi tak heran jika harganya lumayan tinggi.

Perbedaan dari buah Anggur Hijau, Merah dan Hitam

Dilihat dari warna luarnya

Dari bagian kulitnya saja kita semua sudah dapat membedakan bahwa anggur merah memiliki warna kulit yang merah dengan sedikit rona warna ungu, begitupun dengan anggur hijau yang berwarna hijau cerah dan anggur hitam yang memiliki warna hitam mirip seperti blackberry.

Dilihat dari kandungannya

Kandungan diantara ketiga buah anggur ini sebenarnya tak jauh beda, pada anggur merah dan hitam terdapat antioksidan dan falvoid yang tinggi daripada anggur hijau. Dan antara anggur merah dan hitam, kandungan antioksidan yang paling tinggi terdapat pada anggur hitam. Selain itu anggur merah dan hitam juga memiliki lebih banyak kandungan serat dibanding yang anggur hijau, sehingga banyak dijadikan alternatif bagi mereka yang sedang menjalani diet.

Sayangnya, untuk anggur merah dan hitam ini tidak bisa didapatkan setiap saat. Berbeda dengan anggur hijau, tanaman anggur hijau dapat berbuah sepanjang tahun sehingga stock barangnya selalu ada di pasaran. Kandungan yang terdapat di dalam anggur hijau inipun tidak kalah banyak, diantaranya terdapat vitamin C yang tinggi, vitamin K dan zat besi. Anggur hijau ini sangat rendah kalori dan terbebas dari kolestrol. Hanya satu kelemahan dibalik buah ini yaitu terdapat lemak jenuh yang apabila dikonsumsi secara berlebihan maka akan sangat membahayakan kesehatan tubuh.

Dilihat dari rasanya

Jika dilihat dari segi rasa maka hanya ada sedikit perbedaan dari ketiganya, bila anggur hijau jauh lebih masam, anggur merah terasa lebih manis dan untuk anggur hitam memiliki rasa yang hampir mirip dengan anggur merah yakni manis yang khas.

Beragam Manfaat Buah Anggur Merah, Hitam dan Hijau Untuk Kesehatan

Berbicara perihal manfaat dari buah anggur ternyata tidak kalah dengan buah-buahan lainnya, bagi anda yang sangat menggemari buah yang satu ini anda patut berbahagia sebab terdapat sekitar 10-20 manfaat buah anggur merah, hitam dan hijau untuk kesehatan.

Berikut ini manfaat dari buah anggur merah, hitam dan hijau yang harus anda ketahui :

1. Mengobati dan mencegah dehidrasi
Ketiga buah ini mengandung air yang cukup tinggi sehingga sangat efektif mencegah dan mengobati dehidrasi tubuh anda.

2. Meringankan gejala asma
Untuk meringankan gejala asma, anggur hitam sangat efektif karena mengandung banyak sekali antioksidan yang dapat membersihkan paru-paru dari debu dan polusi.

3. Mencegah kanker
Salah satu jenis kanker yang dapat dicegah dan dapat disembuhkan dengan ketiga jenis anggur ini adalah kanker payudara. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, harus dikonsumsi secara teratur dan dengan dosis yang tepat.

4. Vitamin ginjal
Mengkonsumsi anggur secara rutin akan membantu meringankan kinerja ginjal dan menjaga kesehatan ginjal. Untuk itu, buat anda yang punya masalah pada ginjal, sebaiknya rutin mengkonsumsi buah ini.

5. Mengatasi sembelit
Manfaat anggur selanjutnya adalah bisa untuk mengatasi sembelit. Karena dalam buah anggur mengandung serat yang tinggi.

6. Menambah imunitas tubuh
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah anggur, ternyata dapat menambah sistem kekebalan tubuh anda terhadap virus dan berbagai macam penyakit. Untuk itu, jangan ragu mengkonsumi buah ini, sebagai hidangan penutup setelah makan.

7. Mengatasi anemia
Zat besi yang terkandung di dalam anggur dapat mengatasi, sekaligus mencegah terjadinya penyakit anemia atau kekurangan zat besi.

8. Menjadikan kulit lebih sehat dan berseri
Antioksidan yang tinggi selain baik untuk paru-paru juga sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit dan menjaganya tetap sehat serta bercahaya.

9. Mencegah insomnia
Orang-orang yang gemar mengkonsumsi buah anggur diyakini lebih tahan terhadap serangan penyakit insomnia.

10. Menjaga kesehatan mata
Seperti halnya vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan imunitas tubuh, kandungan vitamin A pada anggur juga dapat menjaga kesehatan mata. Berbagai macam manfaat dan kandungan yang terdapat di dalam buah anggur tersebut sangat cocok dikonsumsi oleh berbagai usia, rasanya yang lezat juga menjadi salah satu faktor utama kenapa buah anggur menjadi salah satu buah paling banyak digemari.

Baca juga: Inilah 10 Buah yang Baik untuk Penambah Darah

Nah, setelah anda mengetahui lebih dalam terkait manfaat buah anggur merah, hitam dan hijau untuk kesehatan, sekarang jangan lupa untuk selalu menyetock buah ini dalam kulkas Anda. Dan jangan lupa, tetap konsumsi dalam porsi yang wajar, sehingga akan memperoleh manfaat yang maksimal.

Oya, buah ini memang terkenal dengan harganya yang lumayan tinggi, jadi tak ada salahnya jika anda mencoba menanam sendiri di pekarangan rumah anda. Siapa tahu bisa berbuah lebat.

Related For 10 Manfaat Buah Anggur Merah, Hitam dan Hijau Untuk Kesehatan