Menu

Manfaat Buah Bit untuk Ibu Menyusui, Bayi dan Balita

October 28, 2017 | Buah Buahan

Buah bit adalah buah dengan warna merah yang sangat mencolok. Dan tahukah Anda dibalik warnanya yang unik tersebut, buah bit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? Ya, berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan membuktikan bahwa buah bit memang memiliki banyak khasiat.

Dan salah satu khasiat yang terkandung dalam buah bit, ialah terkait manfaatnya bagi ibu menyusui. Tak hanya bagi ibu menyusui, karena faktanya manfaat ini juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan bayi. Nah, untuk lebih jelasnya, terkait manfaat buah bit untuk ibu menyusui, silahkan simak ulasan berikut ini.

Manfaat Buah Bit untuk Ibu Menyusui

  1. Meningkatkan Imunitas

Saat sedang menyusui, kesehatan tubuh bunda sangat penting untuk diperhatikan. Kekebalan tubuh yang menurun akan menyebabkan bunda mudah terserang penyakit yang dapat mengganggu asupan buah hati karena bunda tidak dapat menyusui dengan maksimal.

Buah bit mengandung banyak vitamin C dan antioksidan tinggi yang sangat berguna untuk meningkatkan imunitas bunda, sehingga tidak akan mudah terserang penyakit.

  1. Menurunkan Berat Badan

Ternyata, mengkonsumsi jus buah bit juga dapat menurunkan berat badan lho, bunda. Berat badan yang meningkat drastis saat masa kehamilan terkadang sangat sulit untuk dikembalikan. Namun, bunda dapat menjalankan diet sehat dengan mengonsumsi jus buah bit.

Minumlah jus buah bit setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Kandungan serat yang tinggi serta jumlah kalori yang sedikit sangat cocok dijadikan menu harian untuk program diet bunda.

  1. Mencegah Penyakit Diabetes Gestasional

Penyakit diabetes dibagi menjadi tiga macam, yaitu diabetes mellitus tipe 1, diabetes mellitus tipe 2, dan diabetes gestasional. Penyakit diabetes gestasional merupakan penyakit yang menakutkan terutama bagi ibu hamil dan juga menyusui.

Penyakit diabetes gestasional dapat membuat sang buah hati terlahir cacat atau premature. Untuk itu, bunda dapat mengonsumsi buah bit secara rutin dan teratur.

Para ahli percaya bahwa buah bit mengandung kadar glikemik indeks yang terbilang rendah. Kandungan glikemik indeks yang rendah akan menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil dan tidak naik. Sebaliknya, kandungan serat terlarut dalam buah bit baik untuk menurukan kadar gula dalam darah.

  1. Meningkatkan Produksi Asi

Sayuran berwarna merah yang mengandung beta karoten berkadar tinggi seperti buah bit  sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Selain itu, buah bit juga mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk mencegah anemia.

Manfaat Buah Bit untuk Bayi dan Balita

  1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Buah bit memiliki kandungan zat kalsium dan juga fosfor. Kedua zat ini sangat dibutuhkan oleh bayi maupun balita karena berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang dan gigi.

Kalsium dan fosfor tak hanya bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Dua zat tersebut juga sangat baik untuk menguatkan tulang si kecil. Sehingga, buah hati bunda nantinya akan lebih cepat merangkak dan berjalan.

  1. Mencegah Anemia pada Bayi

Perlu bunda ketahui bahwa ternyata anemia tak hanya bisa diderita oleh orang dewasa saja lho, bun. Buah hati bunda juga dapat menderita anemia jika asupan zat besi tidak tercukupi dengan baik. Bayi yang menderita anemia sangat membahayakan kesehatannya, bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Untuk itu, bunda dapat memberikan jus buah bit kepada si kecil. Kandungan zat besi serta mineral alami pada buah bit diyakini dapat menstabilkan jumlah HB dalam darah. Sehingga, buah hati bunda tidak akan mengalami anemia.

Nah, dengan penjelasan diatas, sekarang bunda sudah tahu kan bahwa banyak sekali manfaat buah bit untuk ibu menyusui sekaligus untuk si dede bayi. Jadi, mulai sekarang jangan ragu mengkonsumsi buah ini secara teratur. Bunda bisa mengreasikan buah bit menjadi berbagai jenis minuman nikmat yang menyegarkan.

Related For Manfaat Buah Bit untuk Ibu Menyusui, Bayi dan Balita