Menu

Wow! Inilah 12 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan yang Wajib diketahui

October 27, 2017 | Buah Buahan

Buah bit adalah buah yang berbentuk bulat dan berwarna merah. Buah ini termasuk ke dalam keluarga umbi-umbian yang menyimpan cadangan makanan di bagian akarnya. Warna merah pada buah bit menandakan bahwa buah ini mengandung betakaroten yang terbilang tinggi.

Para ahli menyatakan bahwa buah ini mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, buah bit banyak digunakan untuk mengatasi beragam permasalahan kesehatan. Bahkan, pengobatan dengan buah bit telah dilakukan sejak zaman romawi kuno.

12 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Anda sering mengalami masalah kulit seperti jerawat? Mengonsumsi buah bit bisa menjadi solusi yang sangat mudah. Buah bit diyakini dapat mengatasi jerawat dan mencegah jerawat muncul lagi.

Buah bit memiiki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga, diyakini ampuh dalam membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat di kulit Anda dan menjadikan kulit Anda bersih sehat alami.

  1. Sebagai Antikanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah bit juga sangat berkhasiat sebagai obat antikanker. Secara umum, penyebab utama penyakit kanker adalah banyaknya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Seperti yang telah diketahui, antioksidan merupakan elemen penting yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Sehingga, buah ini bisa dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi radikal bebas dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi buah bit dengan mengolahnya menjadi jus segar yang nikmat.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Sebagaiman yang telah disinggung sebelumnya, ciri-ciri kandungan betakaroten dalam buah dapat dilihat dari warnanya yang merah. Buah bit memiliki kandungan betakaroten yang sangat tinggi. Betakaroten merupakan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Untuk mendapatkan manfaat betakaroten secara maksimal, konsumsi jus buah bit secara teratur, atau bisa juga dengan mengkonsumsinya langsung. Untuk mendapat khasiat maksimal tak ada salahnya untuk mencampurkan buah naga dan juga wortel dalam jus anda.

  1. Mencegah Anemia

Anemia merupakan kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh menjadi rendah. Anemia menyebabkan tubuh menjadi lemah, lesu, lelah, lemas, dan lunglai sehingga dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Untuk menghindari dan mencegah anemia, tubuh membutuhkan zat besi yang cukup. Nah, untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi buah bit. Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah bit sangat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas yang baik sangat penting untuk mencegah datangnya penyakit dan virus yang menyerang tubuh. Imunitas yang buruk akan membuat Anda mudah terserang penyakit.

Para ahli menemukan bahwa buah bit mengandung berbagai vitamin serta nutrisi lainnya yang terbukti dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan mengonsumsi buah bit, serangan virus dan berbagai penyakit akan mampu dilawan karena imunitas Anda lebih kuat.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Konsumsi buah bit memberikan efek yang positif bagi tubuh, diantaranya mampu meningkatkan aliran darah ke otak sehingga fungsi otak menjadi lebih baik. Penurunan fungsi otak sangat berdampak buruk bagi tubuh karena menimbulkan banyak penyakit seperti Alzheimer. Penurunan fungsi otak secara umum diderita oleh orang yang berusia lanjut.

  1. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat mengambil manfaat dari buah bit karena dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Buah bit mengandung mineral nitrat yang tinggi yang memiliki peran penting untuk menurunkan tekanan darah.

  1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan lemak buah bit terbilang sangat rendah. Selain itu , buah ini juga mengandung serat yang cukup tinggi. Di samping itu, kandungan gula yang terdapat pada buah bit tergolong dalam karbohidrat kompleks. Nutrisi ini sangat cocok untuk dijadikan menu dalam program  diet Anda sehari-hari.

Kandungan kalori pada buah ini cukup rendah, sehingga aman untuk Anda jadikan sebagai cemilan ataupun jus. Namun, hindari penambahan gula berlebihan ya.

  1. Mencegah Cacat pada Bayi

Buah bit sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membantu memenuhi nutrisi ibu dan janin dalam kandungan. Buah bit mengandung asam folat yang tinggi yang merupakan komponen penting bagi perkembangan janin, terutama untuk pembentukan sumsum tulang belakang.

Ibu hamil yang kekurangan asam folat dapat membahayakan janin yang dikandung. Hal ini karena dapat meningkatkan resiko cacat dan kelahiran prematur pada bayi.

  1. Mencegah Proses Penuaan Dini

Proses penuaan pada kulit memang tidak dapat dicegah karena merupakan proses alami pada kulit. Akan tetapi, proses penuaan dapat diperlambat dengan usaha-usaha tertentu.

Salah satu usaha yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Kandungan antioksidan tinggi pada buah bit sangat bermanfaat untuk menghancurkan racun dalam tubuh serta menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini.

  1. Mengontrol Gula Darah

Buah bit diyakini mampu membantu menstabilkan kadar glukosa dalam darah. Bagi penderita diabetes, konsumsi jus buah bit sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin. Penderita diabetes setidaknya mengonsumsi buah berwarna merah ini sebanyak tiga kali dalam seminggu. Dengan begitu, kadar gula darah akan tetap terkontrol.

  1. Pewarna Makanan Alami yang Menyehatkan

Buah bit memiliki warna merah yang menyala dan sangat menggugah selera. Anda dapat menjadikan jus buah bit sebagai pewarna makanan yang dapat membuat makanan buatan Anda terlihat cantik. Selain cantik, penggunaan buah bit sebagai pewarna makanan juga sangat baik karena akan menambah jumlah nutrisi pada makanan yang dihasilkan. Menarik, bukan?

Baca juga: Inilah 10 Manfaat Buah Kiwi yang Sebaiknya Anda Tahu

Nah, itulah diatas beragam manfaat buah bit yang sebaiknya anda tahu. Mengingat banyaknya manfaat diatas, sudah sewajarnya jika kita selalu menyetock buah ini sebagai persediaan.

Related For Wow! Inilah 12 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan yang Wajib diketahui