Menu

3 Manfaat Buah Cermai Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

November 5, 2017 | Buah Buahan

Sebagaimana kita tahu bahwa masa kehamilan merupakan masa paling rentan yang dialami oleh seorang wanita, apalagi jika kehamilan yang dialami adalah kehamilan pertama. Asupan makanan yang bergizi benar-benar tidak boleh terlewat dari menu makanan sehari-hari seorang ibu hamil atau bumil.

Selain makanan-makanan yang bergizi seorang ibu hamil juga harus rutin dan banyak mengkonsumsi buah. Dan dari sekian banyak buah yang direkomendasikan dikonsumsi ibu hamil, buah cermai adalah salah satunya. Walaupun ukuran buah ini sangat kecil dan kurang familiar di masyarakat tetapi jangan salah, khasiat yang diberikan buah ini begitu besar dan sangat membantu untuk ibu hamil dan menyusui.

Pentingnya Mengkonsumsi Buah Cermai Saat Hamil dan Menyusui

Ada banyak sekali alasan mengapa seorang wanita hamil dan menyusui harus benar-benar menjaga kesehatan mereka, sebab kesehatan seorang ibu akan berpengaruh besar pada perkembangan si buah hati.

Nah, terkait buah cermai, berikut ini kami bagikan ulasan mengenai pentingnya mengkonsumsi buah cermai untuk ibu hamil dan menyusui, yang sebaiknya Anda ketahui:

  1. Menghindari risiko saat melahirkan

Buah cermai sangat kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh, dengan begitu risiko saat melahirkan dapat lebih di minimalisir.

  1. Mencegah penularan berbagai penyakit kepada buah hati

Daya tahan ibu yang lemah menjadikannya mudah terserang berbagai macam penyakit, sehingga baik janin yang masih di dalam kandungan maupun buah hati yang masih meminum asi akan mudah tertular penyakit yang sama.

Melihat betapa pentingnya menjaga kesehatan bagi para ibu hamil dan menyusui, maka tidak ada salahnya jika anda melakukan pencegahan sejak dini. Anda harus mulai membiasakan diri mengkonsumsi buah-buahan terutama buah cermai.

Manfaat buah cermai sudah tidak perlu diragukan lagi, berdasarkan penelitian yang sudah banyak dilakukan bahwa rasa masam dari buah cermai tersebut sangat baik dan tidak membahayakan bagi kandungan. Selain itu mengkonsumsi buah cermai di masa-masa awal kehamilan juga dapat menguatkan kandungan si ibu.

Manfaat Buah Cermai Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Nah, berikut adalah beragam manfaat tersembunyi dari buah cermai untuk ibu hamil dan menyusui yang sebaiknya Anda ketahui:

  1. Pencegah pendarahan

Mengkonsumsi buah cermai pada awal kehamilan ternyata dapat mengurangi risiko keguguran, hal ini disebabkan buah cermai dapat mencegah pendarahan sehingga kandungan anda menjadi lebih kuat terutama di masa awal kehamilan.

  1. Mencegah dan mengobati sembelit

Buah cermai ini juga mengandung banyak sekali serat terutama serat kasar, sehingga sangat membantu bagi para ibu hamil yang sangat rentan terkena sembelit. Mengkonsumsi buah cermai secara rutin dapat melunakkan fases dan memperlancar pengeluarannya sehingga ibu hamil terbebas dari sembelit.

  1. Memperlancar asi

Manfaat yang selanjutnya adalah buah cermai ini dapat meningkatkan produksi asi dan memperlancarnya, sangat bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah asi kering ataupun asi tidak keluar pasca melahirkan.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Anggur Merah, Hitam dan Hijau Untuk Kesehatan

Selain ketiga manfaat buah cermai untuk ibu hamil dan menyusui yang sudah diuraikan di atas, masih banyak lagi manfaat buah cermai lainnya jadi, tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang terutama di masa awal kehamilan mulailah rutin mengkonsumsi buah mungil nan lezat ini, manfaat yang akan anda dapatkan bukan hanya pada saat hamil tetapi juga pasca kehamilan.

Related For 3 Manfaat Buah Cermai Untuk Ibu Hamil dan Menyusui