Menu

Manfaat Buah Cermai Untuk Meredakan Asma

November 6, 2017 | Buah Buahan

Penyakit asma selalu diidentikkan dengan penyakit sulit bernafas dan biasanya proses pengobatan yang dilakukan harus menggunakan tindakan medis. Padahal kenyataanya, banyak pengobatan alternativ atau pengobatan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit asma.

Dan salah satu obat tradisional yang mujarab untuk mengatasi asma adalah buah cermai. Buah yang mungil ini sudah banyak terbukti. bisa mengatasi asma tanpa efek samping. Tentunya dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia, mengkonsumsi buah cermai lebih nikmat bukan?

Walau buah ini tak selalu ada di toko-toko buah di pinggir jalan, namun biasanya di supermarket tertentu, terlebih jika sedang musimnya, buah ini mudah didapat. Buah cermai memang identik dengan rasa manis dan sedikit asam, untuk itu buat anda yang kurang nyaman dengan rasanya, bisa mengolahnya lebih kreatif lagi. Misal dengan dibuat jus, dan ditambah sirup, atau lainnya.

Zat yang Terkandung Pada Buah Cermai

Selain rasanya yang lezat dan dapat dijadikan berbagai macam olahan, kandungan di dalam buah cermai pun sangat banyak dan pastinya sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan yang terdapat di dalam buah cermai diantaranya,  vitamin C, Mineral, Serat Kasar, Kalori, Kalsium, Fosfor, zat besi, Riboflavin dan Thianin. Nah, banyak sekali bukan kandungan sehat yang terdapat dalam buah ini?

Ciri-Ciri atau Spesifikasi Buah Cermai

Nah, untuk anda yang saat ini kurang begitu familiar dengan buah cermai, berikut dibawah ini telah kami rangkum informasi terkait spesifikasi tanaman cermai. Silahkan disimak.

  • Pohon cermai memiliki tinggi kurang lebih 10 meter dengan akar tunggang dan batang aerial serta warnanya identik coklat kotor.
  • Daun cermai memiliki tangkai pendek, tersusun secara berseling dan berwarna hijau muda dengan bentuk bulat telur, panjangnya sekitar 2-7 cm dengan lebar 1,5 sampai 2 cm ujung permukaan daun berbentuk runcing dan tumbuh di seluruh batang atau cabang.
  • Kelopak bunga cermai berbentuk bintang dengan mahkota bunga berwarna merah muda.

Manfaat Buah Cermai Dalam Mengobati Penyakit Asma

Banyak sekali sebenarnya manfaat buah cermai ini di bidang kesehatan. Namun pada kesempatan ini, khusus kami akan kupas manfaatnya dalam mengatasi asma. Nah silahkan disimak.

  1. Sebagai solusi alami pereda batuk

Selama ini kita tahu bahwa penyakit asma akan lebih sering muncul apabila si penderita mengalami batuk, disini buah cermai berperan untuk menyembuhkan batuk lebih cepat sehingga meminimalisir kambuhnya asma si penderita.

  1. Melegakan rasa sesak pada paru-paru

Gejala penyakit asma selanjutnya adalah timbulnya rasa sesak dalam pernapasan dan paru-paru. Nah, dengan rutin mengkonsumsi buah cermai maka rasa sesak seperti itu berangsur-angsur akan mulai menghilang dan juga bisa mencegah penyakit asma berkembang lebih parah.

  1. Melancarkan peredaran darah ke jantung dan paru-paru

Seperti yang kita tahu, aliran darah yang tidak baik dapat menimbulkan sesak nafas yang sagat parah, khususnya bagi penderita asma. Berbeda jika aliran darah ke jantung serta paru-paru stabil, maka kondisi kambuhnya penyakit asma bisa diminimalisir.

Selain aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang, buah cermai ini pun dapat diolah menjadi berbagai macam makanan sehingga sangat nyaman untuk dikonsumsi oleh berbagai usia mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Namun khusus untuk anda yang punya gangguan lambung, disarankan untuk membatasi konsumsi buah ini.

Baca juga: 3 Manfaat Buah Cermai Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Nah, itulah beberapa manfaat buah cermai untuk meredakan penyakit asma. Dan perlu diketahui, karena pengobatan ini sifatnya adalah pengobatan alami, maka efek yang ditimbulkan tentu tak bisa instan, layaknya minum obat kimia. Jadi, harus rutin dan sabar hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Related For Manfaat Buah Cermai Untuk Meredakan Asma