Menu

Inilah 10 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan yang Belum Diketahui

October 25, 2017 | Buah Buahan

Bagi Anda pecinta buah, tentu saja tidak asing dengan buah kesemek. Buah berwarna oranye ini banyak Anda temui di pasar buah tradisional maupun modern. Buah kesemek biasanya diolah menjadi olahan lain seperti jus dan kesemek kering.

Buah kesemek memang tidak sepopuler buah lainnya. Tidak banyak orang menggemari buah ini. Namun, tahukah Anda bahwa dibalik popularitasnya yang terbilang kurang populer, ternyata buah kesemek mangandung banyak manfaat bagi kesehatan. Dengan makan buah kesemek secara teratur dan benar, Anda bisa mendapatkan khasiatnya dengan baik.

10 Manfaat Buah Kesemek Baik Bagi Kesehatan

Nah, berikut kami telah rangkum 10 manfaat buah kesemek bagi kesehatan, yang sebaiknya anda ketahui. Dengan begitu anda tak perlu ragu lagi mengkonsumsi buah ini.

1. Meningkatkan Sistem Imun atau Kekebalan Tubuh

Buah kesemek merupakan salah satu buah dengan kandunngan Vitamin C yang berlimpah. Vitamin C sendiri sudah diketahui memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh, salah satunya yaitu membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah tubuh mengalami flu dan infeksi.

Selain vitamin C ternyata buah kesemek juga mengandung kolagen yang bekerja membantu melancarkan proses penyerapan zat besi dalam tubuh dan membantu menjaga otot, pembuluh darah dan tulang rusuk dalam kondisi yang baik, sehingga dapat bekerja dengan efektif.

2. Membantu Anda Meningkatkan Kegiatan Metabolik Tubuh

Kandungan berharga buah kesemek selain Vitamin C yang berlimpah yaitu kandungan Vitamin B Kompleks yang juga berlimpah. Vitamin B kompleks seperti Puritoksin, asam folat dan Thianin adalah beberapa kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Vitamin B Kompleks tersebut akan membantu tubuh anda dalam proses enzimatik dan metabolisme, sehingga tubuh dapat bekerja dengan baik dan efektif.

Karena proses metabolisme dalam tubuh yang baik, energi, kerja otot, proses pencernaan, dan kekebalan tubuh pun juga ikut terjaga dan dapat bekerja dengan optimal.

3. Membantu Mengontrol Tekanan Darah agar Tetap Stabil

Buah kesemek mangandung banyak mineral yang baik bagi tubuh. Salah satunya yaitu kalium, yang bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan buah kesemek juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan rendah sehingga tekanan darah Anda akan berada pada keadaan yang stabil.

Kandungan tembaga dalam buah kesemek juga membantu menghasilkan sel darah merah baru yang membantu meningkatkan fungsi kognitif tubuh serta baik bagi otot dan metabolism.

4. Memberikan Efek Anti Tumor

Senyawa betulinic dalam buah kesemek berperan sebagai senyawa pencegah sel-sel tumor. Senyawa ini bekerja dengan cara menginduksi apoptosis yang juga disebut sebgai proses kematian sel terprogram.

5. Baik Bagi Kesehatan Mata

Senyawa Lutein Zeaxanthin yang merupakan anggota dari Vitamin B kompleks yang membantu Anda menjaga organ penglihatan. Zat ini dapat meminimalisir resiko terjangkit degenerasi macula, katarak, serta kebutaan malam hari.

Vitamin C dan A yang tinggi juga bertindak sebagai antioksidan alami yang melindungi mata dari sinar UV serta mencegah kerutan di sekitar area mata.

6. Mencegah Penuaan Dini

Karena kandungan dalam buah kesemek yang dapat menangkal radikal bebas, kemungkinan mengalami penuaan dini pun ikut berkurang. Kandungan antioksidan serta fitonutrien yang tinggi dapat melindungi sel-sel kulit Anda dari bahaya polusi. Salah satunya yaitu Vitamin C yang merupakan salah satu senyawa antioksidan paling baik. Vitamin A dan K juga turut serta membantu menjaga keremajaan kulit dan mengurangi kerutan.

7. Mencegah Timbulnya Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah kesemek akan membantu melindungi tubuh dari pengaruh buruk radikal bebas. Seperti yang kita tahu kondisi lingkungan yang buruk dapat berpengaruh dalam merusak sel-sel dalam tubuh. Ketika sel-sel mulai rusak maka peluang terjangkit tumor dan kanker juga meningkat. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi seperti Vitamin A, C dan K, tubuh dapat terlindungi dengan baik.

Selain itu kandungan antioksidan dan fitonutrien berperan menjaga sel DNA. Senyawa betulinic yang ada juga menjadi senyawa anti-tumor dan menurunkan resiko terkena kanker.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah kesemek merupakan sumber karbohidrat alami sebagai pengganti nasi yang baik. Dengan kandungan serat yang tinggi, mengkonsumsi buah kesemek akan membantu kita kenyang lebih lama. Kandungan gula alami dalam buah kesemek juga dapat dengan mudah diserap oleh tubuh untuk selanjutnya diproses menjadi energi yang kita gunakan untuk beraktifitas.

9. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada buah kesemek akan terbagi menjadi dua dalam tubuh, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat larut akan diserap oleh tubuh sebagai sumber energi, sedangkan serat yang tidak larut akan berperan membantu melancarkan proses buang air besar. Dengan ini Anda akan terhindar dari sembelit, wasir maupun ambien.

10. Sebagai Sumber Stamina Alami Tubuh

Kandungan-kandungan yang baik akan dengan mudah diserap oleh tubuh. Kandungan yang telah diserap akan menjadi sumber energy yang baik. Dengan begitu stamina dan daya tahan tubuh akan tetap terjaga.

Meskipun buah kesemek baik untuk dikonsumsi serta memberikan berbagai macam manfaat positif bagi tubuh, ternyata mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak dianjurkan. Kenapa begitu?

Baca juga: Inilah 8 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan yang Begitu Menakjubkan

Kandungan zat tannin yang tinggi pada buah kesemek memiliki efek anti gizi dan juga beracun bagi tubuh. Maka dari itu sangat tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi buah kesemek secara berlebihan apalagi dalam keadaan mentah. Selain itu, mengkonsumsi buah kesemek saat perut kosong juga dapat menyebabkan diare.

Nah itulah diatas 10 manfaat buah kesemek bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi dengan jumlah yang wajar dan pengolahan yang tepat akan sangat menguntungkan bagi tubuh kita. Namun, mengkonsumsinya secara berlebihan dan tidak tepat juga akan membahayakan kesehatan Anda.

Related For Inilah 10 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan yang Belum Diketahui