Menu

Manfaat Buah Kiwi untuk Diabetes

October 30, 2017 | Buah Buahan

Buah kiwi merupakan salah satu jenis buah beri-berian yang berasal dari daratan Tiongkok. Bentuknya sendiri yaitu seperti buah sawo, lonjong dan berwarna coklat. Namun berbeda pada dagingya yang berwarna hijau terang. Kini buah kiwi berhasil dikembangbiakkan di berbagai penjuru dunia, salah satunya yang paling terkenal yaitu berasal dari Selandia baru.

Buah kiwi memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Selain bentuknya yang imut dan rasanya yang segar, buah kiwi juga mengandung berbagai kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Manfaat kiwi sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian dan menghasilkan reaksi positif, salah satunya bagi penderita diabetes. Nah, untuk lebih jelasnya terkait manfaat buah kiwi bagi penderita diabetes, berikut informasi selengkapnya.

Mengenal Penyakit Diabetes atau Diabetes Militus

Sebelum beranjak pada manfaat yang disuguhkan buah imut ini, ada baiknya mengenal terlebih dahulu tentang penyakit diabetes. Diabetes atau disebut juga diabetes militus merupakan penyakit dimana keadaan kadar gula dalam tubuh berada pada kondisi melebihi batas (tinggi). Diabetes sendiri terbagi menjadi dua yaitu diabetes tingkat 1 dan diabetes tingkat 2.

Adapula penyebab terjadinya diabetes yaitu, pertama dikarenakan gangguan pada pankreas. Pankreas berperan penting dalam menangani kadar gula yang akan diserap tubuh. Organ ini sejatinya bekerja sebagai penghasil hormon insulin yang sangat dibutuhkan tubuh. Hormon insulin inilah yang berperan sebagai penyaring glukosa agar dapat diserap tubuh sebagai penghasil energi.

Dalam kasus penderita diabetes, fungsi pankreas sebagai penghasil hormon insulin terganggu, sehingga tidak dapat menghasilkan hormone insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh yang mengakibatkan terganggunya proses penyaringan glukosa. Pada saat inilah, kadar gula dalam tubuh dapat meningkat dan menyebabkan diabetes.

Berbagai macam pengobatan tersedia hingga saat ini. Mulai dari konsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter hingga menggunakan pengobatan herbal. Keduanya akan membantu mengobati diabetes, namun ada beberapa buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes, salah satunya yaitu buah kiwi.

Manfaat Buah Kiwi untuk Diabetes

Lebih tepatnya buah kiwi akan membantu penderita diabetes menurunkan kadar gula yang tinggi dalam tubuh. Dengan kandungan yang ada pada buah kiwi, tubuh akan bekerja lebih baik.

Kandungan buah kiwi meliputi kalori, serat, Vitamin C, Vitamin E, kalsium, sodium, protein dan besi. Kandungan-kandungan ini akan berperan baik pada tubuh dan membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula dalam tubuh. Nah, berbicara mengenai manfaat buah kiwi untuk diabetes, berikut ulasannya:

  1. Kadar gula dalam tubuh akan tetap stabil. Meskipun buah kiwi mengandung gula, namun gula ini adalah gula alami yang sama pada tumbuhan tebu sehingga tidak akan menyebabkan kadar gula dalam tubuh Anda semakin tinggi.
  2. Terdapat pula senyawa inositol yang membantu meningkatkan sensitifitas insulin.
  3. Dengan kandungan gizi yang alami, buah kiwi terbukti dapat mencegah resiko terserang diabetes.
  4. Serat alami yang terkandung dalam buah kiwi terpecah menjadi dua yaitu serta larut dan serta tidak larut. Serat larut akan membantu mengurangi kadar gula secara efisien, sedangkan serat tidak larut akan membantu pada proses pencernaan.
  5. Kandungan glikemik pada buah kiwi cukup rendah yakni 4 yang dapat memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh, khususnya penderita diabetes.

Baca juga: Manfaat Buah Bit untuk Kanker

Nah itulah beberapa manfaat buah kiwi untuk diabetes. Penderita penyakit ini dianjurkan untuk mengonsumsi satu hingga dua buah kiwi perharinya. Selain dapat dimakan langsung, buah kiwi juga dapat dijadikan olahan agar tidak bosan, seperti jus, selai maupun pudding. Dengan mengonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan, khasiat buah kiwi akan Anda dapatkan secara maksimal.

Related For Manfaat Buah Kiwi untuk Diabetes