Menu

Manfaat Buah Kiwi untuk Penyubur Kandungan

October 31, 2017 | Buah Buahan

Buah kiwi merupakan jenis buah beri yang termasuk dalam genus Actinia. Buah asli  Tiongkok dengan bentuk identik seperti sawo ini, telah sejak lama dimanfaatkan sebagai salah satu obat alami/herbal untuk berbagai macam penyakit. Dan hingga kini buah kiwi terus dikembangkan sebagai obat alternatif, beriringan dengan pengobatan modern dalam mengobati banyak jenis penyakit. Dan bukan hanya di negeri asalnya saja, di Indonesia sendiri buah kiwi menjadi salah satu buah penting, untuk dijadikan bahan baku obat herbal.

Dan salah satu khasiat buah kiwi, yang banyak dimanfaatkan masyarakat kita ialah tentang manfaatnya sebagai penyubur kandungan. Untuk lebih jelasnya, berikut informasi selengkapnya.

Jenis Buah Kiwi

Sebelum masuk pada khasiat buah kiwi, ada baiknya mengenal dua jenis buah kiwi yang sangat popular, yaitu kiwi hijau atau Hayward dan kiwi kuning atau Chinabelle. Meskipun terlihat sama dan sulit dibedakan dari luarnya, ternyata bagian dalam kedua kiwi ini benar-benar berbeda. Jika dilihat lebih teliti di bagian luar pun terdapat perbedaan, antara lain kiwi hijau berbentuk oval simetris dan terasa lebih keras, sedangkan kiwi kuning permukaan luarnya lebih halus dan terdapat benjolan di salah satu sisinya.

Buah kiwi hijau memiliki daging buah berwarna hijau terang dengan tekstur yang sedikit kasar jika dimakan, sedangkan kiwi kuning memiliki daging buah berwarna kuning. Fakta lainnya yaitu ternyata kiwi kuning membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar belasan tahun untuk mengembangkannya. Dari segi kandungan sendiri kiwi hijau memiliki lebih banyak serat makanan dan kalium sedangkan buah kiwi kuning memiliki kandungan Vitamin C yang lebih tinggi.

Manfaat Buah Kiwi untuk Penyubur Kandungan

Buah kiwi mengandung berbagai macam kandungan gizi seperti Sumber Vitamin C, A dan E, serat, kalium, asam folat, zat besi dan antioksidan yang tinggi. Dan kandungan-kandungan inilah yang berperan penting dalam proses kehamilan.

  1. Vitamin C dan asam folat yang terkandung pada buah kiwi tergolong tinggi dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil maupun yang tengah merencanakan kehamilan. Kandungan ini berperan penting dalam pembentukan hormon dan kolagen yang baik bagi kesuburan. Selain itu kesehatan sel telur pada wanita juga terjaga dengan baik.
  2. Asam folat dan zat besi juga berperan penting dalam menjaga janin. Asam folat mencegah janin mengalami cacat otak atau gangguan saraf lainnya sedangkan zat besi dapat meningkatkan perkembangan fungsi kognitif janin dan menjaga sistem imun, baik bagi ibu maupun calon bayi.
  3. Menurut beberapa penelitian, kandungan buah kiwi juga bermanfaat untuk meningkatkan sel ovum dengan cara menjaga siklus menstruasi agar tetap teratur. Dalam jeda menstruasi, masa subur seorang wanita dalam keadaan yang baik, saat inilah pertumbuhan sel ovum lebih aktif.
  4. Manfaat lainnya yaitu dengan adanya antioksidan yang tinggi, kebugaran tubuh ibu hamil juga terjaga serta kesehatan organ-organ tubuh lainnya termasuk organ reproduksi.

Baca juga: Manfaat Buah Kiwi untuk Diabetes

Nah itulah beberapa manfaat buah kiwi untuk penyubur kandungan. Selain bermanfaat bagi penyubur kandungan, khasiat buah kiwi juga baik bagi kesehatan jantung, mata dan pencernaan. Dengan mengonsumsi buah kiwi pada dosis yang tepat, segala manfaatnya juga dapat dirasakan secara maksimal.

Oya, walaupun buah kiwi banyak sekali manfaatnya, bukan berarti boleh dikonsumsi  secara berlebihan, karena hal tersebut tidak dianjurkan dan dapat berakibat tidak baik pada tubuh.

Related For Manfaat Buah Kiwi untuk Penyubur Kandungan