Menu

Inilah 10 Manfaat Buah Kiwi yang Sebaiknya Anda Tahu

October 26, 2017 | Buah Buahan

Buah kiwi merupakan salah satu buah dengan kandungan gizi terbaik. Kiwi atau yang juga dikenal sebagai Gosberi Cina berasal dari daratan Cina yang kemudian menyebar di seluruh penjuru dunia. Karena penyebaran ini, buah kiwi dapat kita nikmati sepanjang tahun.

Meskipun harganya yang tergolong mahal, namun buah dengan rasa asam manis ini ternyata merupakan sumber gizi yang baik bagi tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah kiwi menyimpan berbagai khasiat/manfaat positif bagi kesehatan. Kira-kira apa saja manfaatnya tersebut?

10 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Dibawah ini kami tampilkan 10 manfaat dari buah kiwi yang wajib anda ketahui:

1. Membantu Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Buah kiwi mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menjaga organ-organ penting dalam tubuh. Kandungan seperti omega-3, magnesium, Vitamin E dan tembaga dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan menjaga jantung dalam keadaan baik. Kandungan kalium juga membantu mengotrol tekanan darah agar selalu dalam keadaan normal.

Buah kiwi juga kaya akan serat yang menyehatkan jantung serta Vitamin K yang mencegah penumpukan kalsium di arteri sehingga menurunkan resiko terkena serangan jantung. Kandungan buah kiwi juga dipercaya dapat menurunkan kadar lemak dalam darah serta menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

2. Antioksidan yang Baik untuk Sistem Imun

Buah kiwi mengandung antioksidan tinggi yang membantu Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Kandungan Vitamin C yang tinggi  baik bagi kesehatan dan melindungi Anda dari radikal bebas, sehingga Anda akan terhindar dari segala macam penyakit.

3. Membantu Menjaga Organ dan Sistem Pernafasan

Vitamin C dalam buah kiwi tidak hanya baik untuk sistem imun, namun baik juga bagi organ pernapasan. Buah kiwi hingga saat ini dipercaya sebagai salah satu buah yang baik bagi penderita asma. Dengan cara kerja meningkatkan konsentrasi Vitamin C dalam tubuh, maka penyakit asma, hidung tersumbat serta sakit tenggorokan dapat diminimalisir.

4. Baik Bagi Kesehatan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Kandungan buah kiwi yang baik ternyata juga berperan besar dalam pencegahan penuaan dini dan menjaga keremajaan kulit. Kandungan kalium dalam buah kiwi lebih tinggi daripada buah pisang. Begitupula Vitamin C dalam buah kiwi juga lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Kedua kandungan gizi ini membantu meregenerasi kulit agar terlihat sehat.

Kandungan kolagen pada buah kiwi juga membantu menjaga kulit. Seiring dengan bertambahnya usia, kandungan kolagen dalam tubuh juga ikut menurun. Kandungan karetoneid dan antioksidan membantu melindungi kulit dari sinar UV dan radikal bebas.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan karetoneid yang tinggi membantu menangkal radikal bebas yang dapat berpengaruh buruk pada kesehatan mata Anda. Selain itu, kandungan lain seperti senyawa lutein juga membantu mencegah degenerasi macula yang diakibatkan oleh faktor usia. Senyawa ini akan membantu menangkal sinar UV berbahaya. Kandungan lainnya yaitu Vitamin A yang sudah terbukti baik bagi kesehatan mata.

6. Saluran Pencernaan Terjaga dengan Baik

Buah kiwi memiliki senyawa actinidin yang bekerja memecah protein dalam tubuh sehingga dapat diserap lebih mudah oleh tubuh. Selain itu serat yang tinggi pada buah kiwi juga berperan membantu melancarkan pencernaan. Serat dan antioksidan yang tinggi akan memberikan efek anti peradangan serta menjaga usus agar tetap sehat. Buah kiwi juga baik sebagai obat perut kembung.

7. Membantu Proses Detoksifikasi

Seperti yang kita tahu bahwa buah kiwi mengandung banyak antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan tersebut akan membantu melawan radikal bebas yang berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Kandungan serat fuzzy dalam buah kiwi juga bekerja membantu mengeluarkan senyawa-senyawa buruk dalam tubuh atau detoksifikasi melalui pencernaan.

8. Mengontrol Tekanan Darah agar Tetap Stabil

Kandungan mineral seperti kalium yang tinggi dalam buah kiwi akan membantu Anda mendapatkan tekanan darah yang normal. Kalium akan membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh sehingga tetap dalam keadaan normal serta menjaga kondisi tubuh agar tetap seimbang.

9. Antioksidan Alami Anti-Tumor dan Kanker

Buah kiwi merupakan buah dengan kandungan antioksidan yang baik. Kandungan seperti Vitamin C dan E akan membantu mencegah pengaruh buruk radikal bebas. Akar dan daging buah kiwi dapat berperan sebagi pencegah kanker. Serta senyawa polisakarida dan antioksidan yang ada merupakan senyawa anti-tumor dan dapat menurunkan sel-sel yang berpotensi memicu kanker.

10. Baik Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Asam folat dalam buah kiwi sangat baik bagi ibu yang tengah mengandung. Asam folat akan memberikan efek positif pada pertumbuhan janin. Dalam pertumbuhan janin, senyawa ini akan membantu dalam perkembangan otak dan kognitif bayi serta mengurangi resiko terkena cacat saraf. Kandungan laktasit dan asam folat juga sangat baik bagi ibu menyusui.

Baca juga: Inilah 10 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan yang Belum Diketahui

Tips memilih buah kiwi yang berkwalitas dan tips menyimpan buah kiwi

  • Ketika membeli buah kiwi, periksalah kulitnya. Kiwi yang baik tidak memiliki bintik hitam pada permukaan kulitnya. Tidak ada pula retakan dan ketika ditekan akan terasa padat dan agak keras.
  • Buah kiwi yang dujual merupakan buah kiwi yang belum matang. Biasanya masih ½ atau ¼ matang dan tidak baik untuk langsung dikonsumsi. Tunggulah buah kiwi hingga matang dengan menyimpannya dalam suhu ruangan bersama buah pisang atau apel sebagai penghasil senyawa etilen.
  • Jika ingin membekukannya, masukkan buah kiwi dalam kantong plastik dan masukkan dalam freezer. Anda juga boleh memotongnya terlebih dahulu dengan mengupas kulit lalu memotongnya sesuai selera. Jangan lupa taburkan gula secukupnya untuk menjaga teksturnya. Lalu masukkan dalam freezer.

Nah begitulah informasi mengenai 10 manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat, khususnya untuk kesehatan  Anda.

Related For Inilah 10 Manfaat Buah Kiwi yang Sebaiknya Anda Tahu