Menu

Inilah Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Menyusui, dan Bayi

November 14, 2017 | Buah Buahan

Buah naga (Hylocereus undatus) merupakan tanaman yang bisa dikategorikan  termasuk dalam jenis kaktus. Tanaman ini memiliki bentuk panjang dan menjalar seperti naga. Bentuk buahnya agak lonjong berwarna merah muda dengan sisik yang berwana hijau. Jika dibuka, daging buahnya menyerupai kiwi dan terdapat biji-biji kecil yang dapat dikonsumsi.

Buah naga terdiri 4 macam, yaitu buah naga merah, putih, kuning, dan hitam. Namun, yang sering kita temui adalah buah naga merah dan putih. Semuanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sehingga buah naga baik untuk dikonsumsi, terutama bagi ibu hamil, menyusui, dan bayi.

Kandungan Buah Naga dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil, Menyusui serta Bayi

  • Vitamin A

Vitamin A dalam buah naga mengandung karoten yang membantu perkembangan organ-organ pada janin. Antioksidan yang terdapat dalam vitamin A dapat mencegah terjadinya infeksi saat proses persalinan berlangsung. Setelah proses melahirkan, vitamin A dapat membantu proses penglihatan bayi melalui ASI yang diberikan oleh ibunya.

  • Vitamin B
  1. Vitamin B1(tiamin) dan Vitamin B2 (riboflavin), berfungsi mengubah karbohidrat menjadi energi dalam tubuh. Energi tersebut akan mempengaruhi perkembangan saraf dan otak janin, serta menghindarkan janin dari penyakit beri-beri. Tiamin juga baik dikonsumsi saat ibu menyusui, karena dapat meningkatkan produksi ASI.
  2. Vitamin B3 (niasin), berfungsi untuk menjaga sirkulasi darah dan menyerap energi dari karbohidrat, protein, dan lemak. Sirlukasi darah yang baik akan mempermudah aliran nutrisi yang dibutuhkan oleh janin.
  3. Vitamin B5 (asam pantotenat), bertugas meningkatkan kinerja paru-paru dalam mengalirkan oksigen ke sel darah merah. Vitamin ini terbukti dapat mengurangi rasa stres, sehingga menghindarkan terjadinya ketegangan pada rahim.
  4. Vitamin B6 (pyridoxine), berguna sebagai metabolisme hemoglobin bagi ibu dan janin agar pertumbuhan janin dapat berlangsung dengan baik.
  5. Vitamin B9 (asam folat) memiliki fungsi untuk membentuk dan membelah sel. Sehingga, baik untuk pertumbuhan jaringan-jaringan pada janin. Selain itu, vitamin ini juga dapat menghindarkan ibu hamil dari keguguran.
  6. Vitamin B12 (cobalamin) dapat membantu kinerja asam folat serta mencegah kanker payudara. Vitamin ini sangat dianjurkan bagi ibu hamil ataupun menyusui karena mampu menyediakan nutrisi yang seimbang bagi tubuh.
  • Vitamin C (Asam Askorbat)

Asam askorbat berfungsi untuk mempercepat proses penyerapan zat besi bagi tubuh, sehingga zat besi dapat bekerja secara optimal dan menjadikan tubuh semakin bugar. Vitamin C juga terbukti mengurangi resiko kelahiran bayi prematur.

  • Vitamin E

Didalam vitamin E terdapat alfa-tokoferol aktif yang akan beregenerasi dengan vitamin C untuk menangkal radikal bebas peroksi, sehingga ibu hamil dan janin akan aman dari bahaya infeksi maupun penyakit lainnya. Vitamin E juga dapat meregenerasi sel-sel yang rusak sehingga dapat memperkuat kandungan atau rahim. Selain itu, kemampuannya untuk menstabilkan vitamin A dalam tubuh juga dapat menghindarkan janin dari kelainan atau cacat.

  • Serat

Makanan berserat seperti buah naga dapat memperlancar proses pencernaan. Dengan begitu, ibu hamil akan terhindar dari resiko sembelit, ambeien, ataupun wasir. Serat juga dapat mengurangi resiko terserang komplikasi kehamilan.

  • Mineral

Buah naga kaya akan mineral seperti kalium, zinc, tembaga, mangan, zat besi,  magnesium, kalsium, dan fosfor. Kebutuhan mineral pada ibu hamil terus  mengalami kenaikan setiap bulannya. Seperti zat besi misalnya, ibu hamil akan membutuhkan asupan hemogoblin bagi tubuhnya. Sehingga kebutuhannya terhadap zat besi terus meningkat.

Kalsium, fosfor, mangan, kalium, tembaga, dan magnesium juga sangat mendukung pembentukan tulang dan gigi pada bayi. Kalsium merupakan penyusun utama tulang dan gigi. Fosfor akan membantu penyerapan kalsium dalam tubuh janin. Selanjutnya, mangan bertugas untuk memperkuat metabolisme tulang dan gigi.

Kalium berperan agar asam dan basa tetap stabil untuk mencegah pengeroposan tulang pada ibu hamil karena janin juga memerlukan kalsium. Lalu, enzim pada tembaga akan membentuk kolagen pada tulang. Sedangkan magnesium akan membantu kalsium untuk memadatkan tulang.

Zinc berfungsi sebagai imun yang menjaga kekebalan tubuh ibu hamil agar terhindar dari infeksi atau viru-virus lain. Zinc juga berperan dalam pembentukan sel, DNA, serta syaraf otak pada janin. Zinc dapat mencegah keahiran bayi secara prematur, cacat, atau terdapat gangguan pada otak.

  • Protein

Protein sangat penting dalam pembentukan organ-organ bayi seperti jantung, saraf otak. Protein juga berfungsi untuk mengolah zat besi agar ibu hamil tetap merasa bugar dan dapat malaksanakan aktifitasnya. Pada umumnya, ibu hamil memerlukan 75 gram protein perhari.

  • Kalori

Kalori terdiri dari karbohidrat dan lemak. Seperti yang diketahui, karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh kita. Selain itu, lemak juga dapat menghasilkan energi bahkan menghemat fungsi protein bagi tubuh. Lemak juga berperan dalam pembentukan membran sel dan hormon pada bayi.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas. Buah naga juga memiliki beberapa khasiat bagi ibu menyusui. Pada saat menyusui, kebutuhan ibu terhadap vitamin, mineral, protein, dan kalori semakin tinggi dibandingkan saat hamil. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi buah naga dengan teratur dan pastinya sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing.

Baca juga: Inilah 10 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Mengkonsumsi nutrisi melebihi dosisnya dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan ibu maupun sang bayi. Untuk itu, lakukanlah pemeriksaan ke dokter mengenai kebutuhan nutrisi yang tepat bagi tubuh anda baik saat hamil maupun menyusui.

Itulah di atas pembahasan kami mengenai manfaat buah naga untuk ibu hamil, menyusui,dan bayi. Semoga bermanfaat bagi ayah dan bunda

Related For Inilah Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Menyusui, dan Bayi