Menu

Inilah 10 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

November 2, 2017 | Buah Buahan

Siapa yang tak kenal dengan buah naga. Buah yang pertama ditemukan di negara Amerika Selatan dan Tengah ini, sekarang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Selain mempunyai cita rasa segar yang khas, buah memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bahkan banyak jenis penyakit kronis yang bisa disembuhkan oleh buah ini.

Jenis- Jenis Buah Naga

Bagi anda pecinta buah naga, tentunya penting untuk mengetahui jenis-jenis dari buah ini. Nah berikut diantaranya:

  1. Hylocereus costaricensis.

Untuk jenis buah naga yang ini mempunyai ciri warna kulit berwarna merah muda dengan daging buah berwarna merah terang.

  1. Hylocereus polyrhizus.

Sedangkan jenis ini mempunyai warna kulit merah muda dengan daging buah berwarna merah tetapi tidak terlalu terang.

  1. Hylocereus undatus.

Jenis buah naga ini mempunyai warna kulit merah dengan daging buah berwarna putih.

  1. Selenicereus megalanthus.

Jenis buah naga ini mempunyai warna kulit kuning dengan daging buah berwarna putih.

Kandungan Buah Naga

Beberapa kandungan penting yang terdapat pada 100 gram buah naga adalah air 87 gram, vitamin B1 (Thiamine) 0,04 miligram, vitamin B12 (riboflavin) 0,05 miligram, vitamin B3 (niasin) 0,16 miligram, vitamin C (asam askorbat) 9,4 miligram, protein 1,1 gram, serat 0,71 gram, kalsium 134,5 miligram, karbohidrat 11,5 gram, fosfor 87 miligram dan zat besi 0,65 miligram. Kandungan ini akan memberikan manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan tepat.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

  1. Mencegah Kanker

Salah satu penyakit penyebab kematian terbesar adalah kanker. Dalam ilmu medis, penyakit yang berbahaya ini, sampai sekarang belum ditemukan obat penangkalnya. Dan untuk metode penyembuhan herbal, salah satu cara untuk mencegah penyakit kanker dalam tubuh adalah mengkonsumsi buah naga secara teratur.

Kandungan senyawa antioksidan phytoalbumin yang tinggi dalam buah naga mampu menangkal radikal bebas sehingga dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Di dalam pigmen warna merah daging buah naga teradapat kandungan likopen, fitokimia dan antioksidan flavanoid.

  1. Menurunkan Jumlah Kadar Kolesterol dalam Darah

Kadar kolesterol tinggi dalam darah memicu terjadinya serangan jantung. Sebuah jurnal Amerika Applied Science tahun 2009 lalu, merilis hasil studi klinis yang menyebutkan bahwa penurunan kadar kolesterol dalam tubuh bisa dilakukan hanya dengan mengkonsumsi buah naga merah dalam jangka waktu lima minggu.

Kandungan vitamin B3 dalam buah naga inilah yang berperan penting dalam penurunan kadar kolesterol dalam darah serta menurunkan resiko serangan jantung. Kandungan lain seperti serat larut juga berfungsi mengurangi jumlah kolesterol dalam darah akibat konsumsi makanan yang kurang sehat.

  1. Mencegah Diabetes Melitus

Seperti yang kita tahu, konsumsi makanan dengan kadar gula tingi akan memicu penyakit diabetes melitus. Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan pola makanan sehat dan seimbang. Dan buah naga yang mempunyai daging buah berwarna merah terbukti dapat menurunkan resiko diabetes melitus.

Ini dikarenakan kandungan antioksidan betacyanin dan flavanoid yang terkandung di dalam buah naga, mengontrol kadar gula di dalam tubuh, sehingga diabetes berangsur sembuh. Mengonsumsi buah naga merah sebanyak 600 mg tiap hari selama 1 bulan dapat menurunkan tingkat gula darah sebanyak 19% pada pasien diabetes.

  1. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah dalam Tubuh

Kekurangan sel darah merah dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit anemia. Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi asupan yang tinggi zat besi dan vitamin, misalnya buah naga. Mengkonsumsi buah naga secara rutin dapat membantu meningkatkan pembentukan sel darah merah dalam tubuh dan dapat mengurangi resiko kekurangan sel darah merah.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari sangat berpengaruh pada kesehataan pencernaan kita. Mengkonsumsi makanan cukup serat bermanfaat mencegah organ pencernaan terutama organ usus dari kerusakan. Konsumsi buah naga secara teratur dapat membantu penyediaan kebutuhan serat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan serat dan air buah naga yang cukup tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dengan jumlah konsumsi yang tepat.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Salah satu cara menjaga kesehatan tulang dan gigi dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Kalsium dapat diperoleh dari asupan makanan bergizi, salah satunya adalah buah naga. Dalam 100 gram buah naga terdapat kandungan kalsium sebesar 134,5 miligram. Selain kalsium, kandungan zat besi dan fosfor dalam buah naga juga bermanfaat menjaga kesehatan tulang dan gigi.

  1. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Konsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko serangan jantung. Penumpukan lemak jahat dalam darah dapat menghambat aliran darah ke jantung dan menambah berat kerja jantung dalam memompa darah. Konsumsi makanan kaya serat seperti buah naga membantu menetralisir lemak jahat dalam darah.

  1. Memberikan Asupan Energi pada Tubuh

Kandungan vitamin B1 dalam buah naga tersedia dalam jumlah yang cukup banyak. Kandungan ini berkhasiat untuk memecah karbohidrat menjadi energi. Asupan energi dalam tubuh dapat diperoleh dari protein dan lemak yang terdapat dalam buah naga, sehingga buah naga juga sangat cocok digunakan untuk program diet.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu efek yang ditumbulkan akibat serangan radikal bebas adalah penuaan dini. Dan cara mencegah penuaan dini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi seperti buah naga. Mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh terhadap penyakit dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi buah yang mengandung antioksidan tinggi. Dan buah naga adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan kekebalan tubuh tersebut, karena kandungan antioksidannya yang tinggi, seperti flavanoid dan likopen. Antioksidan dalam buah naga akan membantu tubuh menangkal serangan radikal bebas dari lingkungan yang tidak sehat.

Baca juga: Inilah 10 Buah yang Baik untuk Penambah Darah

Demikian diatas, 10 manfaat buah naga bagi kesehatan. Nah, semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Related For Inilah 10 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan