Menu

Inilah 8 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan yang Begitu Menakjubkan

October 24, 2017 | Buah Buahan

Bagi umat Islam, buah tin dikenal sebagai “buah dari surga”. Hal tersebut dikarenakan buah tin disebut beberapa kali dalam kitab suci Al Qur’an. Selain itu, buah tin memang hadir dengan beragam manfaat atau khasiat bagi  kesehatan tubuh.

Kandungan dalam Buah Tin

Buah tin dikenal sebagai buah yang mengandung banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan tubuh. Kelengkapan nutrisi dalam buah tin ini membuat para ahli menyebutnya sebagai buah super nutrition.

Berdasarkan informasi yang dilansir oleh California Fig-s Advisory, niali nutrisi pada 100 g buah tin antara lain sebagai berikut:

  • Jumlah kalori 250 kkal
  • Karbohidrat 63.87 g
  • Gula 47.92 g
  • Serat 9.8 g
  • Lemak 0.93 g
  • Protein 3.30 g
  • Vitamin B1 (thiamine) 0.085 mg
  • Vitamin B3 (niacin) 0.619 mg
  • Vitamin B2 (riboflavin) 0.082 mg
  • Vitamin B5 0.434 mg
  • Vitamin B6 0.106 mg
  • Vitamin B9 9 mg
  • Magnesium 68 mg
  • Vitamin C 1.2 mg
  • Zinc 0.55 mg
  • Kalsium 162 mg
  • Zat besi 2.03 mg
  • Fosfor 67 mg
  • Potassium 680 mg

8 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi dan Jantung Koroner

Tekanan darah tinggi atau hipertensi secara umum disebabkan oleh adanya penyempitan pembuluh darah. Jika kondisi ini Anda abaikan dan tidak ditangani secepatnya, maka resiko terkena penyakit jantung koroner akan meningkat.

Mengonsumsi buah tin dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung mineral alami seperti magnesium dan fosfor serta omega 3 dan omega 6 dan juga fenol. Jika tekanan darah Anda normal, resiko terserang penyakit jantung koroner semakin kecil.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Buah tin memiliki kandungan serat larut yang terbilang baik. Kandungan serat larut berupa pektin dalam buah tin diyakini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Serat larut berupa pektin yang masuk dalam tubuh dapat menyapu kolesterol jahat yang tidak diperlukan tubuh melalui sistem ekskresi, baik melalui buang air besar, buang air kecil, maupun keringat.

  1. Baik untuk Penderita Diabetes

Penderita penyakit diabetes sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung glukosa tinggi, bahkan disarankan untuk menghindari makanan manis apapun. Meski begitu, buah tin baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes meskipun rasanya manis.

Walaupun memiliki kandungan glukosa dan fruktosa, buah tin juga mengandung serat larut dan karbohidrat. Kedua kandungan itulah yang mampu menghambat penyerapan gula. Sehingga, buah tin cukup aman untuk dikonsumsi. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi berlebihan juga tidak disarankan.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Penyakit kanker dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain pola hidup yang tidak sehat dan juga radikal bebas.

Jumlah radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada sel kulit dan menjadikan pertumbuhan sel menjadi tidak normal sehingga sel kanker tumbuh dan menyebar ke seluruh tubuh.

Mengonsumsi buah tin dapat menurunkan resiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan buah tin mengandung senyawa polyfenol yang berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

  1. Mencegah Tulang Keropos

Buah tin telah terbukti banyak mengandung mineral kalsium dan juga fosfor. Kedua zat tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang bahkan juga bermanfaat untuk menguatkan tulang.

Bagi Anda yang telah berusia 30 lebih, kebutuhan kalsium akan semakin tinggi dan harus selalu terpenuhi. Jika kalsium tidak terpenuhi maka tubuh secara otomatis akan mengambil kalsium pada tulang sehingga menyebabkan tulang keropos dan menjadikan penyakit osteoporosis.

Selain orang dewasa, anak-anak dan balita juga membutuhkan banyak kalsium untuk pertumbuhan gigi dan tulang serta menguatkannya. Mengkonsumsi buah tin secara rutin dapat memenuhi kebutuhan kalsium tubuh dan mencegah tulang keropos.

Baca juga: Inilah Obat Alami untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal Anda

  1. Peninggi badan Alami

Konsumsi buah tin bagi anak-anak dan remaja sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan buah tin mengandung banyak mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium, mangan, dan sebagainya yang sangat bermanfaat untuk menambah tinggi badan.

Buah tin dapat menjadi solusi untuk menggantikan konsumsi susu formula sehingga aman untuk dikonsumsi bagi orang yang alergi susu terutama susu sapi.

  1. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau susah tidur dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari konsumsi kafein berlebih, hingga stress dan depresi. Untuk itu, sebaiknya Anda menghindari penyebab stress dan selalu menjalani pola hidup yang sehat.

Selain itu, mengonsumsi buah tin juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi gejala insomnia yang melanda Anda. kandungan triptofan dalam buah tin mampu memberikan rasa nyaman, tenang, dan rileks sehingga Anda dapat tidur dengan nyenyak.

  1. Mengatasi Anemia

Anemia adalah kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh tidak terpenuhi dengan cukup. Buah tin mengandung zat besi yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin (HB) dalam darah.

Dengan mengonsumsi buah tin secara rutin, maka kadar hemoglobin dalam darah tetap normal. Dengan begitu, Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan maksimal.

Nah, itulah diatas informasi mengenai kandungan serta 8 manfaat buah tin untuk kesehatan. Masalah kesehatan muncul karena pola makan dan pola hidup yang kurang sehat. Untuk itu, sebaiknya jagalah kesehatan Anda terutama dengan mengonsumsi makanan alami yang kaya akan kandungan nutrisi sehingga terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Related For Inilah 8 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan yang Begitu Menakjubkan