Menu

Manfaat Buah Tin untuk Kesuburan, Ibu Hamil dan Menyusui

November 10, 2017 | Buah Buahan

Buah tin mungkin terdengar asing di telinga kebanyakan masayarakat kita, karena memang jarang ditemukan di Indonesia. Namun, bagi Anda yang yang telah lama bergelut dalam pengobatan herbal, tentunya nama buah tin, sudah tak asing lagi. Dan seringkali buah ini dijadikan salah satu bahan utama untuk obat herbal berbagai jenis penyakit.

Nah, terkait manfaat buah tin, kali ini kami akan kupas tentang manfaat buah tin untuk kesuburan, Tentunya bagi anda pasangan suami istri baru yang hendak memiliki momongan, informasi ini sangat penting.

Mengenal Buah Tin

Buah tin disebut juga dengan buah ara yang dihasilkan dari pohon tin atau pohon ara. Buah ini berasal dari daratan Asia Barat. Buah tin secara umum tumbuh di wilayah Asia Barat, yaitu mulai wilayah pantai Balkan sampai ke daratan Afganistan. Dan karena manfaatnya tersebut, kini buah tin dibudidayakan di banyak negara.

Pohon tin dapat tumbuh hingga setinggi 10 meter. Sedangkan buahnya berbentuk bulat berwarna hijau dan cenderung berukuran kecil, yaitu 3 hingga 5 cm. Dan apabila sudah matang, untuk beberapa kultivar warnanya berubah menjadi ungu. Buah tin yang masih mentah biasanya mengeluarkan getah saat dipotong yang dapat mengiritasi kulit.

Pemanfaatan Buah Tin

Buah tin dapat dikonsumsi dengan beragam cara, antara lain dimakan langsung saat masih segar, dikeringkan, maupun diolah menjadi selai. Buah ini juga bisa diolah sebagai sayuran sebagai pelengkap makan.

Nah penting untuk diketahui, bahwa buah tin yang sudah dipetik harus segera dimanfaatkan. Hal ini dikarenakan buah tin tak dapat disimpan dalam jangka waktu lama (mudah rusak). Untuk lebih amannya, sebaiknya buah tin diolah menjadi selai atau dikeringkan sehingga lebih awet.

Wanita juga dianjuran mengonsumsi buah tin untuk menjaga kesuburan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah tin sangat baik untuk menangkal radikal bebas sehingga kondisi tubuh tetap prima. Dengan begitu, proses pembuahan akan berlangsung secara maksimal dan diharapkan bisa cepat mendapatkan kehamilan.

Manfaat Buah Tin untuk Kesuburan

Buah tin memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya zat besi, protein, vitamin dan mineral baik lainnya. Di samping itu, buah tin juga merupakan makanan yang kaya serat.

Buah tin juga mengandung nutrisi baik yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma bagi kaum pria. Antioksidan tinggi yang terkandung dalam buah tin berkhasiat untuk menjaga kadar asam lemak sperma sehingga sperma tidak mengalami kerusakan.

Jika ingin lekas menimang momongan, ada baiknya suami mengonsumsi buah tin, baik dimakan langsung maupun diolah terlebih dahulu. Selain konsumsi buah tin, imbangi dengan menjalankan pola makan yang sehat serta berolahraga yang cukup.

Manfaat Buah Tin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Selain untuk kesuburan pria, buah tin juga sangat baik bagi ibu hamil dan juga ibu menyusui. Selama masa kehamilan dan menyusui, seorang wanita membutuhkan asupan kalsium yang lebih banyak.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh ahli menyatakan bahwa buah tin memiliki kandungan mineral kalsium yang terbilang tinggi. Ibu hamil dan menyusui disarankan mengonsumsi buah tin secara rutin untuk memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu dan bayi.

Di samping itu, kandungan kalsium yang tinggi pada buah tin juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi dan membuat tulang menjadi semakin kuat. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit osteoporosis.

Baca juga: Manfaat Buah Cermai Untuk Meredakan Asma

Itulah ulasan lengkap mengenai buah tin dan manfaat buah tin untuk kesuburan serta beragam manfaat lainnya. semoga bermanfaat.

Related For Manfaat Buah Tin untuk Kesuburan, Ibu Hamil dan Menyusui