Menu

Inilah 10 Manfaat Buah Delima Berikut Efek Samping dan Kandungannya

November 15, 2017 | Buah Buahan

Punica Granatum atau yang biasa kita kenal dengan delima adalah tanaman buah-buahan yang tumbuh di daerah tropik maupun subtropik. Buah ini berbentuk bulat, jika dibuka terdapat butiran-butiran yang dapat dikonsumsi. Buah ini memiliki rasa manis jika sudah matang sempurna. Terdapat 3 jenis buah delima, yaitu delima putih, merah, dan ungu. Ketiganya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Nah, berikut kami akan bagikan penjabarannya, khususnya terkait manfaat buah delima serta efek sampingnya.

Kandungan dalam Buah Delima

Kandungan yang terdapat dalam 100 gram buah delima, antara lain :

  • Kalori (kcal) 82
  • Jumlah lemak 1,2 g
  • Lemak jenuh 0,1 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0,1 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 3 mg
  • Kalium 236 mg
  • Jumlah karbohidrat 19 g
  • Serat pangan 4 g
  • Gula 14 g
  • Protein 1,7 g
  • Vitamin A 0 IU
  • Vitamin C 10,2 mg
  • Kalsium 10 mg
  • Zat besi 0,3 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0,1 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 12 mg
  • Senyawa Polifenol

10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

  1. Menstabilkan Tekanan Darah

Beberapa kandungan buah delima adalah vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, dan serat. Kandungan tersebut yang menyebabkan buah delima dipercaya dapat menstabilkan tekanan darah.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan kolagen dan elastin dalam buah delima sangat baik bagi pertumbuhan kulit. Dr. Erik dari University of Pennsylvania menyatakan bahwa 80% penyusun lapisan kulit adalah kolagen. Hal ini yang menyebabkan kulit menjadi elastis. Kandungan ini juga bermanfaat untuk mencegah penuanaan dini. Sehingga, menggunakan delima sebagai masker wajah sangat dianjurkan.

  1. Menjaga Kesehatan Tenggorokan

Masalah tenggorokan terjadi akibat mengkonsumsi makanan pedas, es, dan makanan berminyak yang berlebihan, sehingga menyebabkan bau mulut, panas dalam, radang tenggorokan, bahkan amandel. Buah delima terbukti dapat mengatasi masalah tersebut karena didalamnya terdapat kandungan vitamin C.

  1. Sebagai Antioksidan yang Baik

Buah delima mengandung senyawa polifenol yang terdiri dari tannin, flavoid, anthosianin, serta ellagic acid. Senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas yang baik bagi tubuh. Berdasarkan penelitian Dr. D Nexon di University of South California, ellagic acid mampu menghambat proses Mitosis atau perkembangbiakan sel, termasuk sel kanker. Senyawa ini juga dapat mengurangi efek estrogen penyebab kanker payudara.

  1. Baik untuk Kesehatan Tulang

Pengeroposan tulang, radang sendi, rakhitis, osteomalacia (tulang lunak) adalah beberapa penyakit pada tulang. Hal ini dapat terjadi jika tubuh kekurangan kalsium, karena penyusun utama tulang adalah kalsium.

Dalam buah delima terdapat kandungan kalsium, magnesium, natrium, dan vitamin D yang bekerja sama dalam proses pembentukan tulang. Magnesium membantu pembauran kalsium pada tulang. Sedangkan natrium berfungsi untuk menjaga kalsium agar tidak terjadi penggumpalan. Serta vitamin D berperan dalam menjaga kadar kalsium yang dibutuhkan.

  1. Menyehatkan Jantung

Senyawa polifenol pada buah delima terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga resiko terjadinya pembekuan arteri yang dapat berakibat stroke maupun serangan jantung dapat terhindari. Selain itu, kandungan natrium dalam buah delima berperan untuk meningkatkan kinerja otot jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga nutrisi yang terkandung dalam darah dapat terdistribusi secara menyeluruh.

  1. Baik untuk Sistem Pencernaan

Kalium juga terdapat dalam buah delima. Kalium dapat membantu proses ekskresi atau pembuangan sisa metabolisme tubuh melalui anus. Selain itu, buah delima merupakan buah yang berserat tinggi sehingga mempermudah proses pencernaan makanan dan kinerja lambung. Buah delima juga mampu membasmi cacing dalam perut dan menyembuhkan diare.

  1. Baik untuk Penderita Anemia

Anemia merupakan kondisi dimana seseorang kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan tubuh kekurangan oksigen, sehingga tubuh cepat merasa lelah dan pusing.

Kondisi tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah delima secara teratur. Karena di dalam buah delima terdapat zat besi yang berfungsi dalam pembentukan hemoglobin darah. Hemoglobin darah inilah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Vitamin A dan C yang terdapat dalam buah delima mampu menguatkan rambut. Kedua vitamin tersebut menghasilkan sebum, yaitu lemak yang menjaga rambut agar tetap lembab. Protein dan zat besi juga mempercepat proses pertumbuhan rambut serta membuat rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok.

  1. Terhindar dari Penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah kematian sel saraf otak yang terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun. Penyakit ini biasanya diawali dengan gejala mudah lupa, susah dalam menuangkan pikiran dalam perkataannya, perubahan perilaku, dan isnomnia. Penyakit ini akan semakin memburuk hingga menyebabkan sesorang tidak dapat beraktifitas tanpa dibantu orang lain.

Penyakit ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi, vitamin C, dan vitamin B12 seperti buah delima. Ketiga kandungan tersebut memiliki peran penting dalam mencegah kematian sel-sel otak. Zat besi berperan dalam pengangkutan oksigen ke otak yang dapat mendukung kinerja pada saraf-saraf otak.

Berdasarkan penemuan Oregon Health & Science University dalam Journal of Neuroscience, vitamin C dibutuhkan oleh sel-sel retina yang merupakan bagian dari saraf pusat. Hal ini menunjukkan bahwa vitamin C juga diperlukan dalam mempercepat interaksi antar sel-sel otak. Selanjutnya, vitamin B12 akan membantu dalam membangun sel-sel otak dan meningkatkan daya ingat otak.

Baca juga: Inilah Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Menyusui, dan Bayi

Efek Samping Buah Delima

Mengkonsumsi buah delima sangat baik bagi kesehatan. Akan tetapi mengkonsumsinya secara berlebihan tidak dianjurkan, karena dapat memberikan efek yang bertolak belakang dari manfaatnya, seperti gangguan metabolisme, darah rendah, alergi, dan kelebihan kadar gula darah. Untuk itu, konsumsilah secara bijak sesuai dengan porsinya.

Itulah segudang manfaat buah delima berikut efek sampingnya, semoga apa yang kami bahas diatas bisa bermanfaat,

Related For Inilah 10 Manfaat Buah Delima Berikut Efek Samping dan Kandungannya