Menu

Manfaat dan Penggunaan Buah Delima untuk Program Hamil

November 11, 2017 | Buah Buahan

Siapa yang tak tahu buah delima. Buah yang satu ini berasal dari negeri timur tengah lebih tepatnya dari Iran. Buah delima yang ada di Indonesia biasanya terdiri dari dua macam yaitu buah delima merah dan putih. Dan sebagaimana yang kita tahu, buah ini banyak dicari, karena memiliki banyak khasiat.

Buah delima sudah sejak lama diketahui memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya buahnya, namun kulit dan bijinya pun dapat dimanfaatkan sebagai obat yang baik bagi kesehatan. Tak hanya itu ternyata buah delima juga sangat baik bagi Anda yang tengah merencanakan program hamil. Nah penasaran?

Manfaat Buah Delima Untuk Program Kehamilan

  1. Memperlancar aliran darah menuju rahim. Dengan peredaran darah yang lancar tentu proses kehamilan juga akan berjalan sesuai dengan rencana.
  2. Menguatkan dinding rahim. Hal ini sangat penting mengingat jika dinding rahim seorang ibu hamil dalam keadaan lemah, maka peluang keguguran juga tinggi. Kandungan gizi buah delima sangat membantu memperkuat dinding rahim bagi ibu hamil.
  3. Kandungan sepeti folat sangat baik bagi kesehatan janin dan mencegah resiko cacat otak serta gangguan saraf pada janin.
  4. Membantu meningkatkan produksi eritrosit atau sel darah merah yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan sum-sum tulang belakang janin.
  5. Kandungan Vitamin C dan juga senyawa lainnya memberikan efek anti depresi pada ibu hamil.
  6. Kandungan vitamin dan mineral pada buah kiwi membantu menjaga kesehatan dan menjadi sumber energi yang baik bagi ibu hamil.
  7. Mencegah penyakit dan serangan jantung.

Manfaat Kulit, Biji dan Daging Buah Delima bagi Kesehatan

Ternyata kulit dan biji buah delima juga memiliki kandungan gizi yang baik. jangan buru-buru membuang kulit dan bijinya karena Anda bisa memanfaatkannya menjadi obat yang bermanfaat bagi kesehatan.

  • Kulit Buah delima

Sebelum memproses kulit buah delima, pastikan cuci hingga bersih terlebih dahulu, lalu jemur di bawah terik matahari. Setelah kering rebus dengan air mendidih. Air rebusan kemudian akan berwarna kuning kecoklatan dan siap untuk Anda minum.

Rasa dari rebusan kulit buah delima sangat pahit, namun memiliki khasiat yang sangat baik. Terlebih bagi ibu-ibu setelah melahirkan, karena rebusan ini akan membantu menyembuhkan pendarahan dan mempercepat masa nifas. Selain itu untuk wanita, air rebusan ini bermanfaat menghilangkan bau pada daerah kewanitaan dan membantu mengatasi keputihan.

  • Biji Buah Delima

Biji buah delima dapat langsung dimakan atau diolah menjadi bubuk terlebih dahulu. Khasiatnya sangat bagus untuk penyakit seperti cacingan, keracunan dan batuk. Dalam bentuk bubuk Anda juga dapat mencampurnya dengan jus buah.

  • Daging Buah Delima

Daging buah delima berbentuk bulat kecil seperti bentuk biji dengan warna merah atau putih. Daging inilah yang mengandung berbagai macam kandungan gizi yang baik untuk program hamil. Kandungan seperti kalori, karbohidrat, protein, serat, Vitamin C dan E, Vitamin B kompleks, magnesium, fosfor, besi, kalsium, kalium, dan seng sangat baik bagi kesehatan organ reproduksi. Simak berbagai macam manfaat buah delima berikut bagi program kehamilan.

Baca juga: Manfaat Buah Tin untuk Kesuburan, Ibu Hamil dan Menyusui

Nah itulah manfaat dan penggunaan buah delima untuk program hamil. Namun perlu juga dicatat bahwa mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan Anda dan juga calon bayi. Pastikan Anda mengonsumsinya sesuai anjuran dan dengan cara yang tepat agar nutrisi dapat diserap secara efektif oleh tubuh.

Related For Manfaat dan Penggunaan Buah Delima untuk Program Hamil