Menu

Manfaat dan Kandungan Daun Lembayung Yang Luar Biasa

January 9, 2017 | Daun Daunan

Lembayung menjadi salah satu sayuran yang paling sering dikonsumsi oleh banyak orang. Lembayung adalah daun dari kacang panjang. Daun lembayung muda banyak dimanfaatkan sebagai sayuran yang lezat, sedangkan daun lembayung yang sudah tua tidak dapat dikonsumsi melainkan dimanfaatkan menjadi bahan baku pupuk organik.

manfaat-daun-lembayung

Ciri – Ciri Daun Lembayung

Daun lembayung memiliki tekstur yang kasar dan keras, sehingga jika anda ingin mengkonsumsinya, anda harus memasak daun lembayung dan pilihlah daun lembayung yang masih muda.

Kandungan Daun Lembayung

Meskipun memiliki tekstur yang kasar, daun lembayung memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, yaitu karbohidrat, vitamin A, protein, kalori, lemak, fosfor, kalsium, zat besi, dan vitamin B.

Manfaat Daun Lembayung

Karena memiliki kandungan gizi yang cukup, daun lembayung dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan. Berikut beberapa penjelasan tentang manfaat dari daun lembayung

  1. Mengobati pembengkakkan payudara

Pembengkakan payudara biasanya terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan, hal ini dikarenakan produksi susu yang terjadi pada payudara wanita. Pembengkakan juga dapat terjadi karena bayi yang terlalu kuat menghisapnya. Anda dapat mengobati pembengkakan ini dengan menggunakan daun lembayung.

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa daun lembayung dan kemudian dicuci bersih. Anda dapat menumbuk atau meremas daun lembayung kemudian  diusapkan pada payudara anda. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat melakukannya setiap hari  sampai pembengkakan dirasa berkurang.

  1. Melancarkan buang air kecil

Apabila anda mempunyai masalah dengan kurang lancarnya air seni, anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi daun lembayung. Urin yang tidak dapat dikeluarkan di dalam tubuh akan sangat berbahaya, karena di dalam urin terdapat racun dan toksin yang dapat menimbulkan beragam penyakit. Anda juga dapat mengalain sakit pada kambung kemih dan pencernaan.

Untuk mengolah daun lembayung menjadi obat pelancar air seni sangatlah mudah, anda hanya perlu menyiapkan daun lembayung secukupnya dan kemudian cuci bersih. Rebus daun lembayung dengan air hingga mendidih kurang lebih selama 30 menit. Anda dapat meminum air rebusan tersebut setiap pagi dan sore hari. Anda dapat menambahkan gula merah jika dirasa tidak enak.

  1. Mencegah kerontokan rambut

Masalah kerontokan rambut dapat menyerang siapapun termasuk anda. Bila kerontokan dibiarkan , maka anda akan mengalami kebotakan. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, daun lembayung dapat digunakan sebagai pencegah kerontokan rambut.

Siapkan beberapa daun lembayung dan minyak katsuri. Tumbuk daun lembayung hingga lembut dan campurkan dengan minyak katsuri. Kemudian anda dapat mengoleskannya pada kepala anda disertai dengan pijatan yang lembut. Setelah mengoleskan dengan rata, ambil handuk untuk membungkus rambut anda dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Hal ini dilakukan agar sari daun lembayung dapat meresap kedalam kepala anda.

  1. Memperlancar produksi ASI

Bagi anda yang ingin meningkatkan produksi ASI yang cukup efektif, maka anda dapat menggunakan daun lembayung. Konsumsi daun lembayung sebagai lalapan, sayur, atau olahan masakan lainnya. Daun lembayung memiliki aroma yang tajam sehingga tidak akan membuat ibu menyusui menjadi mual dan muntah.

  1. Memperlancar peredaran darah

Daun lembayung mempunyai manfaat yang sama dengan kacang panjang yaitu dapat memperlancar aliran darah pada tubuh. Darah merupakan komponen penting tubuh karena merupakan pendistribusi oksigen dan sari-sari makanan yang sangat penting bagi tubuh. Dengan lancarnya peredaran darah, maka kinerja dari organ tubuh lainnya akan maksimal, sehingga anda akan terhindar dari berbagai penyakit.

Baca juga: Kandungan Dan Manfaat Daun Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Nah itulah di atas berbagai manfaat sehat dari daun lembayung. Setelah mengetahui informasi di atas, tentunya  tak ada alasan lagi anda untuk tidak mengonsumsi sayuran lezat ini

Related For Manfaat dan Kandungan Daun Lembayung Yang Luar Biasa