Menu

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

August 25, 2016 | Kunyit

Siapa yang tidak kenal kunyit? Tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bahan masakan ini ternyata memiliki kandungan vitamin C, kurkumin dan desmetoksikumin tinggi yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh tapi juga memelihara kecantikan wajah.

Dan pastinya dengan memilih terapi kunyit untuk membantu mengatasi keluhan anda dalam masalah kecantikan, merupakan pilihan yang bijak. Karena lebih aman dan sangat minim sekali resiko atau efek buruk yang ditimbulkan di kemudian hari. Tidak seperti kosmetik-kosmetik yang berbahan kimia yang beredar dipasaran, walaupun hasilnya instan tetapi untuk jangka panjang sangat tidak baik buat kecantikan sekaligus kesehatan anda.

Manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan wajah

Mau tahu apa saja manfaat kunyit ini dalam dunia kecantikan? Simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan wajah

  1. Mencegah penuaan dini dan menyamarkan kerutan wajah

Meningkatnya jumlah polusi udara serta tekanan hidup turut mempercepat proses penuaan dini dan mempercepat proses pembentukan kerutan di wajah. Tapi, Anda tak perlu khawatir, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan mengaplikasikan masker kunyit secara rutin.

Untuk membuat masker anti penuaan dini, Anda cukup mencampurkan 2 sendok makan kunyit  bubuk, susu sebanyak 1 sendok makan, 1 sendok makan jus tomat dan 1 sendok makan tepung beras. Aplikasikan masker di wajah dan leher kemudian diamkan selama 20 menit. Basuh wajah dengan air dingin untuk menghilangkan sisa masker di pori-pori.

  1. Mencerahkan wajah

Kandungan kurkumin pada kunyit selain membersihkan kulit juga memberikan efek warna kuning sehingga wajah terlihat lebih cerah alami setelah memakai masker kunyit.

  1. Menghaluskan kulit

Masker kunyit juga bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran serta menghaluskan kulit. Anda bisa memanfaatkannya sebagai scrub. Agar lebih manjur, tambahkan tepung chickpea (kacang arab/kacang garbanzo/gram) sebagai campuran scrub kunyit.

  1. Mengatasi kulit berminyak

Produksi minyak berlebih di wajah tentu membuat kulit terasa lengket, tidak nyaman dan mudah kotor. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat masker kunyit dengan mencampurkan 3 sendok makan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dengan 2 sendok makan kunyit bubuk. Aplikasikan masker ini ke kulit wajah dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

  1. Mengurangi jerawat

Kehadiran jerawat tidak hanya mengganggu tapi juga bisa membuat seseorang jadi tidak percaya diri. Tapi, jangan khawatir, kandungan anti inflamasi dan anti bakteri pada kunyit mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cukup  campurkan 3 sendok makan air perasan kunyit dengan yogurt dan madu, aduk merata ketiga bahan tersebut. Gunakan campuran tersebut sebagai masker, sapukan ke wajah dan tunggu selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Mengurangi rambut wajah

Pertumbuhan rambut di wajah yang berlebihan pada wanita tentunya cukup mengganggu penampilan. Daripada memakai teknik yang menyakitkan untuk menghilangkan rambut tersebut, Anda bisa menggunakan masker alami yang terbuat dari kunyit bubuk yang dicampur dengan sedikit air.

Oleskan masker pada bagian wajah yang ditumbuhi banyak rambut, diamkan selama beberapa saat. Kemudian bersihkan masker menggunakan handuk atau kain bersih yang sudah direndam dalam air hangat.

  1. Mengatasi pigmentasi

Kulit yang terpapar sinar matahari akan mengalami pigmentasi atau perubahan warna kulit. Kandungan antiseptik dan inflamasi pada kunyit dapat mengatasi permasalahan pigmentasi ini sekaligus mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Caranya yakni dengan membuat pasta campuran bubuk kunyit dan jus timun segar kemudian aplikasikan ke kulit. Diamkan selama 20 hingga 30 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

  1. Mengecilkan pori-pori kulit wajah

Masker kunyit tidak hanya membersihkan kulit, tapi juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan melembutkan kulit wajah.

  1. Mengurangi komedo

Komedo yang berasal dari kotoran-kotoran yang tersumbat di pori-pori wajah juga bisa diatasi menggunakan masker kunyit.

  1. Menyamarkan flek hitam

Flek hitam yang berawal dari tumpukan sel kulit mati, bekas jerawat atau bekas luka di wajah juga bisa diatasi dengan menggunakan masker kunyit. Agar lebih efektif, Anda bisa menambahkan madu atau minyak zaitun sebagai campurna masker agar bekas luka dan flek hitam cepat memudar.

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Bagaimana, Anda mau mencoba?

Related For Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah